7 Jenis Makanan Penyebab Diabetes, Yuk Kenali dan Batasi

Donald Karouw
Ilustrasi jenis makanan penyebab diabetes (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNewsManado.com - Daftar jenis makanan penyebab diabetes yang baiknya dikenali, dikurangi dan lebih baik dihindari. Diabetes merupakan penyakit kronis yang tak hanya dialami orang dewasa namun juga anak-anak.

Diabetes merupakan penyakit saat kadar gula dalam darah cukup tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin sehingga gula dalam darah tidak dapat dimetabolisme.

Dampak penyakit diabetes yang tidak terkontrol bisa menimbulkan berbagai konsekuensi serius. Seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya.

Daftar 7 jenis makanan penyebab diabetes:

1. Roti putih, nasi, dan pasta

Roti putih, nasi dan pasta merupakan makanan olahan berkarbohidrat tinggi. Makan roti, bagel dan olahan tepung lainnya telah terbukti meningkatkan kadar gula darah secara signifikan pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Dalam sebuah penelitian, pasta bebas gluten juga terbukti meningkatkan gula darah, namun jenis berbahan dasar nasi memiliki efek terbesar.

Studi lain menemukan makanan tinggi karbohidrat tidak hanya meningkatkan gula darah, tetapi juga menurunkan fungsi otak pada penderita diabetes tipe 2 dan gangguan mental.

2. Minuman manis

Minuman manis merupakan yang terburuk bagi penderita diabetes. Jenis minuman ini sangat tinggi karbohidrat seperti es teh manis dan limun dalam jumlah yang sama masing-masing mengandung hampir 45 gram karbohidrat secara eksklusif dari gula.

Selain itu, minuman manis sarat dengan fruktosa yang sangat berhubungan dengan resistensi insulin dan diabetes. Penelitian menunjukkan mengonsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko kondisi terkait diabetes seperti penyakit hati berlemak.

Editor : Donald

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network