7 Jenis Makanan Penyebab Diabetes, Yuk Kenali dan Batasi

Donald Karouw
Ilustrasi jenis makanan penyebab diabetes (Foto: Pixabay)

6. Buah kering

Buah merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C dan potasium. Saat buah dikeringkan, prosesnya mengakibatkan hilangnya air yang mengarah ke konsentrasi nutrisi yang lebih tinggi. Sayangnya, kandungan gulanya juga menjadi lebih pekat.

Pada 151 gram anggur mengandung 27,3 gram karbohidrat, termasuk 1,4 gram serat. Sebaliknya, 145 gram kismis mengandung 115 gram karbohidrat, 5,4 diantaranya berasal dari serat.

Oleh karena itu, kismis mengandung karbohidrat empat kali lebih banyak daripada anggur. Jenis buah kering lainnya sama-sama lebih tinggi karbohidratnya daripada buah segar. Jika Anda menderita diabetes, Anda tidak harus berhenti makan buah sama sekali. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan rendah gula seperti buah berry segar atau apel kecil, juga dapat memberikan manfaat kesehatan sekaligus menjaga gula darah Anda dalam kisaran target.

7. Minuman bersoda

Minuman jenis ini harus dihindari. Minuman bersoda mengandung tambahan gula sehingga bisa menyebabkan bertambahnya berat badan dan kerusakan pada gigi. Ini bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes jika sering dikonsumsi.

Itulah tujuh jenis makanan penyebab diabetes yang harus dikenali dan diwaspadai.

Editor : Donald

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network