Ini Manfaat Diet Mediterania, Bisa Bikin Awet Muda dan Menegah Kanker

Dyah Ayu Pamela
Diet mediterania selain baik bagi penderita penyakit jantung juga dapat mencegah kanker dan bikin awet muda. (Foto: livetrainperform.com)

Sementara itu, Dr Joel Kahn, ahli jantung terkenal mengatakan diet Mediterania ini telah dipelajari selama beberapa dekade karena negara-negara, seperti Italia dan Yunani memiliki tingkat penyakit jantung dan kanker rendah. Sementara negara-negara Barat biasanya memiliki angka tinggi untuk kedua penyakit tersebut.

3. Awet Muda 

Beberapa penelitian juga menunjukkan diet Mediterania memungkinkan orang yang menjalaninya memiliki manfaat pada perbaikan sel. Termasuk penurunan kerusakan radikal bebas yang terkait dengan penuaan, serta pengurangan respons anti-inflamasi dalam tubuh. Minyak zaitun extra virgin, sumber utama lemak dalam menu Mediterania, telah terbukti mengurangi peradangan karena kaya akan senyawa seperti fenol dan lemak tak jenuh tunggal. 

4. Mencegah Penyakit Alzheimer 

Jen Bruning, ahli diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics pun setuju tentang fakta lainnya yang menunjukkan bahwa diet Mediterania terbukti mencegah penyakit Alzheimer, degenerasi makula, dan kanker. “Ada bukti yang mendukung bahwa diet memang membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol dan hasilnya memperbaiki jantung secara keseluruhan,” kata Jen.

5. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara pola makan dan tingkat kanker, meskipun penelitian sedang berlangsung untuk lebih memahami hubungan ini. Dokter kanker seperti Dr. Justin Gregg, asisten profesor urologi di Pusat Kanker MD Anderson Universitas Texas, juga bertanya-tanya apakah diet ini akan bermanfaat bagi pasien mereka.

Hasil awal dari studi Gregg, yang telah diterbitkan menunjukkan pria yang didiagnosis dengan kanker prostat, pada tahap awal yang tidak memerlukan perawatan cukup diet Mediterania. Hingga terbukti memiliki tingkat perkembangan kanker yang lebih lambat. Hasil tersebut membenarkan hipotesis bahwa umumnya makan makanan yang konsisten dengan prinsip diet Mediterania dapat dikaitkan dengan penurunan tingkat perkembangan kanker.

 

Editor : Norman Octavianus

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network