5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia U23 Vs Guinea

Norman Octovianus
Para pemain Timnas Indonesia U23 menjalani latihan jelang laga lawan Guinea, Rabu (8/5/2024). Foto/Istimewa

DOHA, iNewsManado.com – Timnas Indonesia U23 akan menjalani laga hidup mati melawan Timnas Guinea U23 dalam merebut tiket Olimpiade Paris 2024 akan digelar sekira Pukul 20:00 WIB, Kamis (9/5/2024) hari ini. Ada beberapa fakta menarik jelang laga kedua negara.

Timnas Indonesia Vs Guinea bertarung dalam babak playoff Olimpiade, karena kedua negara berada pada peringkat 4.

Indonesia harus bertemu Guinea karena pada babak perebutan juara ketiga, Indonesia menelan kekalahan dari Irak dengan skor tipis 1-2 pada Kamis (2/5/2024).

Sementara Guinea masuk babak playoff setelah menerima kekalahan dari Mali melalui drama adu penalti 4-3 usai bermain imbang 0-0 hingga perpanjangan waktu.

 

5 Fakta Menarik Jelang Timnas U23 Vs Guinea.

 

1 Catatan Buruk Lawan Negara Afrika

Timnas Indonesia tercatat sudah 18 kali berhadapan dengan tim dari negara Afrika sejak tahun 1963 hingga 2024. Dari 18 kali pertemuan dengan negara Afrika, Timnas Indonesia meraih tiga kali kemenangan, empat hasil imbang.

 

2 Rekor Olimpiade

Baik Timnas Indonesia U23 dan Timnas Guinea U23 ternyata sama-sama pernah satu kali lolos Olimpiade. Timnas Guinea lolos ke Olimpiade 1968, yang berlangsung di Meksiko. Sementara Indonesia, lolos Olimpiade di Melbourne 1956. Baik Indonesia dan Guinea akan mencatat rekor lolos Olimpiade pertama dengan format U23 jika salah satu memenangi pertandingan.

 

3 Perbedaan Drastis Suhu Udara

Timnas Indonesia U23 harus menjalani perbedaan suhu udara yang sangat drastis jelang laga lawa Timnas Guinea U23. Jika dibabak penyisihan grup hingga semifinal Timnas Indonesia harus bermain pada suhu udara Doha berkisar 35 derajat celcius, di Prancis pemain Timnas Indonesia harus menjalani laga dengan suhu udara 12 derajat celcius.

 

4 Naturalisasi Pelatih Guinea U23

Kaba Diawara, pelatih Timnas Guinea U23 ternyata merupakan pemain naturalisasi yang sebelumnya memperkuat Timnas Prancis U-21. Namun dia lebih memilih untuk memperkuat timnas senior Guinea pada 2006. Saat itu ia dipanggil untuk membela Guiena dalam laga Piala Afrika 2006.

 

5 Kutukan Babak Playoff

Timnas Indonesia U23 harus melawan kutukan pada babak playoff Olimpiade Paris 2024. Dalam sejarah, tidak ada satupun wakil asia yang sanggup lolos ke Olimpiade melewati babak playoff.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network