Salut! Timnas Futsal Indonesia Ukir Sejarah Baru Usai Bantai Taiwan

Andhika Khoirul Huda
Timnas Futsal Indonesia ukir sejarah baru. Foto/MNC Media

KUWAIT CITY, iNewsManado.com - Sejarah baru ditorehkan Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia 2023. Usai membantai Taiwan 4-1 di laga terakhir Grup C Piala Asia Futsal 2022, Indonesia mencatatkan sejarah pertama kalinya lolos ke babak 8 besar. 

Keberhasilan ini tentu menjadi pencapaian tersendiri dari Timnas Futsal Indonesia sekaligus kebanggaan bagi pecinta Futsal di Tanah Air. Sebab, prestasi ini sangat dinanti publik Indonesia. 

Dalam laga yang berlangsung di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City, pada Minggu (2/10/2022) malam WIB itu, Gol kemenangan Indonesia dicetak berkat hattrick Muh Fajriyan dan satu gol Syauqi Said

Mengenakan jersey putih-putih, Indonesia mendominasi jalannya pertandingan sejak menit-menit awal. Mereka menerapkan tempo yang cepat dengan umpan-umpan pendek yang membuat Taiwan kerepotan.

Saat laga berjalan tiga menit, Firman Adriansyah mendapatkan peluang pertama untuk Tim Merah-Putih. Namun, tendangan keras yang dilepaskannya dari sisi kiri pertahanan lawan masih bisa ditepis oleh Wang Kung Wei.

Dua menit kemudian, gantian Syauqi Saud yang mengancam pertahanan Taiwan. Sayangnya, sontekannya yang menyambar umpan tarik Muhammad Rizki Xavier lagi-lagi bisa dihalau oleh Wang Kung Wei.

Tak lama berselang, Taiwan akhirnya bisa keluar dari tekanan dan memperoleh peluang pertama mereka dalam laga ini. Akan tetapi, sepakan Chiu Chia-wei terelalu lemah sehingga bisa ditangkap dengan mudah oleh Muhammad Nizar.

Terus menekan, akhirnya serangan Pasukan Garuda membuahkan hasil pada menit ke-9. Adalah Muhammad Fajriyan yang mencatatkan namanya di papan skor usai menjebol gawang lawan dengan tendangan mendatarnya yang menyelesaikan umpan terobosan dari Syauqi.

Tiga menit berselang, Fajriyan berhasil menorehkan gol keduanya dalam laga ini. Kali ini, dia menyambar bola liar hasil tendangan Syauqi, yang sebelumnya di tepis kiper lawan, dengan tendangan kerasnya.

Tak lama setelahnya, kerjasama Fajriyan dan Syauqi lagi-lagi menghasilkan gol untuk Indonesia. Umpan dari Syauqi dihantam dengan tendangan kaki kiri Fajriyan yang menghujam ke pojok kiri atas gawang. Skor berubah 3-0 dan pemain bernomor punggung 10 itu mencatatkan hattrick.

Tertinggal tiga gol, Taiwan menerapkan strategi power play untuk memecah kebuntuan. Meski bisa mengurung Indonesia, mereka tak mampu mendapatkan gol di babak pertama.

Di sisi lain, Indonesia mengandalkan serangan balik. Namun, hingga turun minum belum ada gol lagi yang mereka ciptakan. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 3-0 untuk Tim Merah-Putih.

Memasukki babak kedua. Taiwan menerapkan skema powerplay. Sedangkan Indonesia lebih banyak bertahan.

Taiwan berusaha keras membongkar pertahanan Indonesia. Namun Indonesia malah memperlebar keunggulan lewat kerja sama Fajriyan dengan Syauqi. Syauqi membuat Indonesia unggul 4-0.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network