Agar Terlihat Awet Muda, Berikut 5 Tips Mencegah Penuaan Dini pada Wajah

Celebrities.id
Tips mencegah penuaan dini pada wajah bisa dilakukan semua orang agar terlihat awet muda. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Penuaan merupakan proses alami yang tidak dapat dihindari seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, dengan tips mencegah penuaan dini pada wajah bisa dilakukan semua orang agar terlihat awet muda.

Seperti dijelaskan Dr. Rocky Chua dari Dermapro, bahwa cara untuk mencegah penuaan dini harus dimulai dari hidup yang sehat.

"Gaya hidup yang sehat; jangan begadang dan jangan merokok, nutrisi juga mempengaruhi, dan juga air putih itu mempengaruhi banget," ujar dr. Rocky Chua saat ditemui di studio Morning Update, Kebon Sirih, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu dr. Rocky Chua pun memberikan beberapa tips mencegah penuaan dini pada wajah seperti berikut:

1. Gaya hidup yang sehat

Sering mengonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan nutrisi dan vitamin tercukupi. Di samping itu, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh.

2. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dapat mempercepat proses pemecahan kolagen dan menyempitkan pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke kulit. Akibatnya, para perokok rentan untuk mengalami keriput lebih awal di kulit wajahnya.

Lihat juga: Nyaman Jadi Tempat Tinggal, Berikut 7 Kota Paling Aman di Indonesia

3. Jangan begadang

Begadang dapat memicu dehidrasi dan kulit kusam, karena regenerasi kulit terjadi saat tidur. Apabila begadang, maka kulit tidak akan beregenerasi dengan baik sehingga sel kulit mati akan menumpuk, penyerapan nutrisi ke kulit terganggu dan risiko dehidrasi kulit meningkat. Inilah yang akan memunculkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, kulit kusam dan keriput bermunculan.

4. Nutrisi seimbang

Dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan kulit, antioksidan dan vitamin C merupakan salah satu zat gizi yang sangat bermanfaat. Rutin mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C memiliki lebih sedikit kerutan dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi vitamin C. Sedangkan antioksidan, singkatnya bisa membuat kulit tetap terlihat awet muda meski telah menginjak usia 30-an hingga 50-an tahun.

5. Sering minum air putih

Kurang minum air putih membuat tubuh rentan alami dehidrasi. Dehidrasi yang tidak segera diatasi juga dapat mengakibatkan tanda-tanda penuaan dini muncul lebih awal pada wajah. Jadi, jangan malas untuk rutin mengonsumsi air putih agar kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik dan mencegah penuaan dini muncul pada wajah.

Lihat juga: Viral Alat Kontrasepsi Mirip Koyo, Cara Pakai Tinggal Tempel di Lengan

 

Editor : Norman Octavianus

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network