Perempuan Masih Takut Lakukan Deteksi Diri Kanker Payudara

Tim Okezone
Cegah dini kanker payudara. (Ilustrasi: Istimewa)

KANKER memang sulit disembuhkan, apalagi jika sudah mencapai stadium akhir.

Meski demikian, jika kanker tersebut diidentifikasi sejak awal maka besar kemungkinan untuk mereka sembuh.

Umumnya, kanker tidak akan memilih usia dan jenis kelamin. Meski demikian, ada kanker yang memang spesifik terjadi pada pria maupun wanita, salah satunya adalah kanker payudara. Oleh karena itu, para perempuan harus rajin melakukan deteksi dini kanker payudara.

Ketua Umum Perhimpunan Onkologi Indonesia cabang Jakarta Raya Dr. dr. Cosphiadi Irawan, Sp.PD-KHOM, FINASIM mengimbau masyarakat untuk tidak takut menjalani deteksi dini kanker payudara dengan periksa payudara sendiri (SADARI) agar segera bisa ditangani bila ditemukan kelainan. "Yang kerap dihadapi justru pasien menghindari SADARI karena merasa takut," kata Cosphiadi seperti dilansir dari Antara.

Di sisi lain, masyarakat juga belum terbiasa menjalani pemeriksaan payudara klinis (SADANIS) yang sama-sama bertujuan menemukan benjolan atau tanda-tanda lain pada payudara sedini mungkin.

Dia berharap paradigma soal deteksi dini bisa diubah agar masyarakat lebih sadar pentingnya deteksi dini, bukan menjauhinya. Sebab, 70 persen pasien terdiagnosis kanker payudara baru memeriksakan diri ke dokter ketika sudah dalam stadium lanjut.

Ketika pasien berada dalam stadium lanjut, tingkat keberhasilan penanganan juga semakin kecil dan kualitas hidupnya akan menurun.

Semakin cepat kanker dideteksi, kualitas hidup pasien akan semakin baik. Penanganan yang kurang optimal ini berdampak kepada tingginya angka kematian serta rendahnya angka kesintasan.

"Di negara maju, setting populasi proporsinya sudah terbalik, 70 persen pasien ada di stadium satu atau dua, di Indonesia ini yang masih menantang," katanya.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network