Wajib Tahu! Ini 12 Makanan yang Baik Bagi Pencernaan

Muhammad Sukardi
Makanan yang baik bagi pencernaan. (F: Istimewa)

9. Biji-Bijian Utuh (Whole Grain)

Biji-bijian seperti oat, quinoa, farro, dan produk yang terbuat dari gandum utuh lainnya biasanya mengandung banyak serat. Serat yang ditemukan di dalam biji-bijian tersebut dapat membantu meningkatkan pencernaan dengan dua cara.

Pertama, serat membantu menambah volume feses dan dapat mengurangi sembelit. Kedua, beberapa serat biji-bijian bertindak seperti probiotik dan membantu memberi makan bakteri sehat di usus Anda.

 

10. Ikan Salmon

Salmon juga menjadi makanan sehat untuk pencernaan. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh.

Penderita intoleransi makanan, radang usus, atau gangguan pencernaan lainnya kerap mengalami peradangan di usus. Nah, dengan mengonsumsi asam lemak omega-3, peradangan di dalam tubuh bisa berkurang dan fungsi pencernaan meningkat.

 

11. Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Tempe nyatanya juga bisa menjadi makanan yang baik untuk sistem pencernaan.

Bahan makanan tersebut terbuat dari fermentasi kedelai. Selama difermentasi, asam fitat di dalam kedelai akan dipecah karena dapat mengganggu penyerapan nutrisi tertentu.

Maka itu, proses fermentasi tempe memiliki khasiat yang bisa meningkatkan fungsi pencernaan dalam menyerap nutrisi. Tempe juga merupakan sumber probiotik baik yang bisa melindungi usus dari bakteri jahat.

 

12. Kimchi

Penyuka makanan Korea pasti sudah tidak asing lagi, kan, dengan kimchi? Kimchi biasanya terbuat dari kubis, sawi, lobak, atau sayuran lain yang diolah melalui proses fermentasi.

Beruntung bila Anda suka kimchi, karena ini adalah contoh makanan untuk kesehatan pencernaan! Kimchi mengandung probiotik yang membantu pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus besar.

Semakin lama kimchi difermentasi, akan semakin tinggi konsentrasi probiotiknya. Kimchi juga mengandung serat yang dapat menambah volume feses dan meningkatkan kesehatan usus, sehingga cocok menjadi sayur yang baik untuk pencernaan.

Makanan yang baik untuk pencernaan ternyata gampang ditemukan di sekitar kita, bukan? Cukup dengan mengonsumsi berbagai asupan sehat di atas, Anda bisa memiliki pencernaan yang lebih sehat!

 

Editor : Fabyan Ilat

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network