Ini 4 Manfaat Buah Pepaya California Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Alvindo Eklesia
Manfaat buah pepaya California bagi kesehatan. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Manfaat buah pepaya California bagi kesehatan akan diulas dalam artikel kali ini. Sebelum mengulas lebih jauh mengenai manfaat buah pepaya California, lebih dulu akan dipaparkan asal usul pepaya california. 

Dilansir berbagai sumber, Pepaya California awalnya dinamai Pepaya callina (California-Indonesia). Tanaman ini merupakan tanaman pemuliaan hasil penelitian Prof. Dr. Ir. Sriani, MS., dan tim Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Hasil pemuliaan ini diperkenalkan pada tahun 2010. Maksud dari tanaman pemuliaan yaitu jenis tanaman baru yang dikembangkan dari sifat-sifat tanaman sebelumnya sehingga menjadi lebih unggul.

Berawal dari salah satu petani Bogor yang memiliki pohon pepaya asli California tetapi kondisinya sudah mulai menua, maka pemuliaan tanaman ini dilakukan. Proses pemuliaan dilakukan selama tujuh tahun hingga menghasilkan pepaya perpaduan California-Indonesia (Callina).

Pepaya callina akhirnya dikenal sebagai pepaya california karena para distributor dan pedagangnya lebih suka menggunakan nama tersebut. Dengan nama pepaya calliforfnia, jenis pepaya ini akan terkesan seperti pepaya impor dan lebih laku.

Sebagian orang biasanya mengonsumsi buah pepaya California untuk melancarkan buang air besar. Itulah salah satu manfaat pepaya yang paling sering diandalkan. Nah, selain baik untuk kesehatan pencernaan, sebenarnya masih banyak manfaat pepaya california lainnya. 

 

Ini Manfaat buah pepaya California dirangkum iNewsManado.com, Jumat (21/7/2023) :

 

1. Jantung 

Manfaat buah pepaya California pertama baik bagi jantung. Pepaya California mengandung antioksidan yang tinggi vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Mengonsumsi banyak sumber makanan yang tinggi antioksidan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut karena antioksidan mampu mencegah oksidasi kolesterol.

Ketika kolesterol teroksidasi, kemungkinan besar akan membuat penyumbatan yang menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat pepaya yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Banyak mengonsumsi serat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

 

2. Peradangan 

Pepaya california mengandung dua enzim, yaitu papain dan chymopapain. Kedua enzim tersebut mencerna protein, artinya mereka dapat membantu pencernaan dan mengurangi peradangan. 

Baik papain dan chymopapain juga dapat membantu mengurangi peradangan. Mereka dapat meredakan nyeri akut, seperti luka bakar atau memer. Selain itu juga bermanfaat meredakan kondisi peradangan seperti radang sendi dan asma. 

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network