Catat! Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka 20 Agustus 2024 Pukul 17:08 WIB

Norman Octovianus
ilustrasi cpns. (istimewa)

JAKARTA, iNewsManado.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 akan dimulai pada tanggal 20 Agustus 2024 pukul 17.08.45 WIB, sebagaimana diatur dalam Surat Kepala BKN Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2023 yang dikeluarkan pada 13 Agustus 2024.

Pengumuman penerimaan ini telah diinformasikan kepada publik pada 19 Agustus 2024. Bagi para calon pelamar, proses pendaftaran akan dilakukan secara daring melalui portal SSCASN BKN dan akan berlangsung hingga 06 September 2024. Semua informasi terkait formasi, jabatan yang dibuka, serta rincian tugas dan kisaran penghasilan akan tersedia di menu Pencarian Informasi pada portal SSCASN.

Setiap instansi pemerintah, baik Kementerian, Lembaga, maupun Pemerintah Daerah, akan mengumumkan formasi yang tersedia secara bertahap. Pelamar dapat memantau ketersediaan formasi ini secara berkala melalui kanal resmi penerimaan CPNS 2024 atau melalui menu pencarian informasi di portal SSCASN BKN.

Pada tahun ini, pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah menetapkan kuota formasi CPNS 2024 sebanyak 250.407 untuk 69 instansi pusat dan 478 instansi daerah. Proses seleksi ini akan melibatkan berbagai instansi yang tergabung dalam Panselnas, termasuk dukungan infrastruktur komunikasi dari BAKTI Kominfo, keamanan teknologi dari BSSN, serta pengawasan teknologi dari BRIN. Selain itu, kerjasama dengan PERURI akan memastikan penyediaan elektronik materai.

Sebagai bagian dari persyaratan, pendaftar CPNS harus merupakan Warga Negara Indonesia. Untuk itu, BKN akan melakukan verifikasi data calon pelamar dengan data kependudukan yang dikelola oleh Dukcapil Kemendagri. Hal ini bertujuan agar data pelamar di portal SSCASN sesuai dengan catatan kependudukan di Dukcapil.

Sebelum memulai proses pendaftaran, calon pelamar diimbau untuk mempelajari syarat dan kualifikasi jabatan yang telah diumumkan oleh masing-masing instansi. Selain itu, pelamar juga disarankan untuk membaca Buku Petunjuk Pendaftaran yang tersedia di portal SSCASN sebelum membuat akun dan mengajukan pendaftaran.

Sebagai catatan akhir, setelah melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dan menyelesaikan pendaftaran, pelamar disarankan untuk segera menyelesaikan proses tersebut tanpa menunggu batas akhir pendaftaran guna menghindari masalah teknis yang mungkin muncul menjelang penutupan periode pendaftaran.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network