Gejala Omicron Dapat Bertahan Berapa Lama? Berikut Penjelasan Dokter

Diana Rafikasari
Gejala Omicron dapat bertahan dalam waktu yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan infeksinya. (Foto ilustrasi: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Pada setiap pasien, gejala Omicron dapat bertahan dalam waktu yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan infeksinya. Menurut data yang ada, Omicron bisa bertahan dalam waktu sekitar 7 sampai 14 hari.

"Mereka yang memiliki kasus Omicron ringan biasanya sembuh dalam 1 hingga 2 minggu," tulis Lisa Maragakis, MD, dalam sebuah artikel untuk Johns Hopkins Medicine dilansir dari Best Life. 

"Untuk kasus yang parah, pemulihan bisa memakan waktu 6 minggu atau lebih, dan mungkin ada kerusakan permanen pada jantung, ginjal, paru-paru, dan otak," sambungnya.

Hal ini didasari oleh sebuah penelitian yang mengamati salah satu peristiwa penyebar super Omicron pertama yang tercatat di pesta liburan di Norwegia pada 30 November. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa 66 tamu dari 117 orang yang divaksinasi lengkap yang dites positif Omicron.

Selain itu, 15 orang yang ditemukan memiliki kemungkinan kasus, lebih dari selusin melaporkan bahwa gejala mereka hilang dalam hitungan hari. Namun, tidak ada kasus yang memerlukan rawat inap dan 62 tamu yang terinfeksi masih mengalami gejala Omicron sekitar seminggu kemudian.

Editor : Norman Octavianus

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network