Kenali Gerd, Apakah dapat Memicu Kematian? Berikut Penjelasannya

Kevi Laras
Gerd merupakan kondisi dimana asam lambung naik hingga ke kerongkongan yang memicu rasa pahit di mulut. (Foto ilustrasi: Freepik)

JAKARTA, iNews.id Asam lambung yang terjadi terkadang sering dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya stres dan tekanan saat bekerja. Pada umumnya, penyakit asam lambung sepintas menyerupai maag, namun kondisi ini bisa menyebabkan gerd.

Gerd merupakan kondisi dimana asam lambung naik hingga ke kerongkongan yang memicu rasa pahit di mulut. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang bertanya, apakah gerd dapat memicu kematian?

Menurut Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP gerd atau sakit asam lambung tidak mengakibatkan kematian. Sebab kematian yang diakibatkan karena gerd terjadi jika sakit asam lambung sudah memicu sakit, seperti paru-paru yang menyebabkan seseorang batuk-batuk, sinus yang mengganggu saluran pernafasan, juga telinga yang menyebabkan berdengung hingga kanker.

"Bahwa ketika asam lambung naik itu tidak langsung meninggal. Gerd tidak seperti itu, asam lambung naik apa pun dalam waktu singkat tidak mengakibatkan kematian, kecuali komplikasi kronis lah yang berujung fatal, seperti kanker," kata dr Ari dalam acara virtual media briefing bersama wellesta cpi pada Kamis (10/2/2022)

Editor : Norman Octavianus

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network