Gempabumi Tektonik M 5,3 di Bolsel, Tidak Berpotensi Tsunami

Subhan Sabu
Gempa bumi berkekuatan M5,3 guncang Bolaang Mongondow Selatan (Foto: ilustrasi)

BOLSEL, iNewsManado.com - Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) diguncang gempa tektonik. Hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa yang terjadi pada Senin (5/2/2024) pukul 20.38 Wita itu sebelumnya tercatat berkekuatan Magnitudo (M) 5,3. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1. 

Kepala stasiun Geofisika Manado Tony Agus Wijaya mengatakan episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,40° Lintang Selatan; 124,32° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 Km arah Tenggara Kota Bolaang Uki, Sulawesi Utara pada kedalaman 43 km. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Laut Sulawesi," kata Tony.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar naik (oblique thrust-fault).

 Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Banggai Laut, Bitung dengan skala intensitas II - III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak bepotensi tsunami.

Editor : Subhan Sabu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network