Gempa Bumi Tektonik M4,5 Dirasakan di Banggai Kepulauan

Subhan Sabu
Gempa bumi berkekuatan M4,5 guncang Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah (Foto: ilustrasi)

BANGGAI, iNewsManado.com - Gempabumi tektonik dengan Magnitudo (M) 4,5 dirasakan di wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Senin (6/3/2023) sekira pukul 10.42 WITA

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,15° Lintang Selatan, 123.14° Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 76 Km arah Tenggara Bone Bolango, Gorontalo pada kedalaman 132 km. 

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku.

"Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah dengan skala intensitas II - III MMI," kata Tony, Senin (6/3/2023).

Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershoc). 

Kepada masyarakat Tony mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pungkas Tony.

Editor : Subhan Sabu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network