Paling Aneh! Berikut Ini 5 Mitos Pendaratan Manusia Pertama di Bulan

Dini Listiyani
Mitos pendaratan manusia pertama di bulan. (Foto: Pixels)

Ini ide yang sangat aneh. Bagaimana jika sutradara film terkenal Stanley Kubrick membantu pemerintah AS memalsukan pendaratan di bulan dengan mengarahkan film astronot "mendarat" di permukaan bulan?

Sejarah memberitahu teori ini berakar di dua tempat. Pertama adalah penggambaran ruang dan bulan yang realistis dalam mahakarya Kubrick tahun 1968, “2001: A Space Odyssey.” Adegan-adegan ini tampak terlalu mirip dengan pendaratan NASA pada tahun 1969 untuk menjadi suatu kebetulan, menurut konspirasi.

Kerumunan ini juga menunjuk pada dugaan wawancara film 1999 dengan Kubrick, yang dilakukan oleh pembuat film T. Patrick Murray. Dalam wawancara ini, Kubrick menyatakan dia membantu pemerintah menggelar pendaratan 1969, meskipun dia tidak menjelaskan mengapa dia melakukan hal seperti itu. 

Motif untuk ini diduga berkisar dari patriotisme hingga menerima peralatan pembuatan film khusus hingga mendapatkan sejumlah uang dari pemerintah untuk membiayai film-film masa depan, seperti yang ditunjukkan oleh The Paris Review.

Kebenarannya, film blockbuster Kubrick tahun 1968 menggunakan engineer luar angkasa dan seniman astronomi untuk membuat set bulan 2001 terlihat serealistis mungkin. Adapun wawancara Murray, itu dilakukan dua bulan setelah Kubrick meninggal pada 1999. 

Dan pria yang mengaku sebagai Kubrick di dalamnya terlihat jauh berbeda dari yang dilakukan Kubrick dalam penampilan publik terakhirnya pada 1997. Lalu ada pernyataan dari juru bicara janda Kubrick yang mengatakan wawancara itu bohong.

2. Bendera yang Mengindikasikan Bukan Berada di Bulan

Mitos pendaratan satu bulan berpusat di sekitar bendera Amerika Serikat yang ditancapkan di permukaan Bulan oleh para astronot yang mendarat di sana. Teori konspirasi ini mengklaim bendera yang berkibar tertiup angin menunjukkan itu tidak benar-benar di bulan, karena tidak ada angin di Bulan.

Editor : Norman Octavianus

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network