Ampuh Obati Ambeien, Coba dengan 5 Bahan Alami Ini

Hasyim Ashari
Ilustrasi. (Foto: iStock)

JAKARTA, iNews.id Ambeien merupakan pembuluh darah yang terletak pada otot-otot dinding anus dan rektum. Ini umumnya dalam bentuk massa, gumpalan, atau bantalan jaringan di saluran anus 

Menderita ambeien sangatlah tidak menyenangkan. Rasa sakit pada saluran buang bisa terjadi pada siapa saja, baik pria, perempuan, dan ibu hamil sekalipun.

Sayangnya, kadang kondisi ambeien lebih parah dan bisa berlangsung berhari-hari. Kamu bisa menggunakan obat-obat alami yang bisa dengan mudah didapatkan di rumah. 

Hal ini bisa jadi pertolongan pertama sebelum kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. Berikut 5 bahan alami untuk sembuhkan ambeien dilansir dari Stylecraze, Sabtu (29/1/2022). 

1. Lidah buaya

Tanaman ini terkenal dengan khasiat obatnya. Sifat terapeutik dan anti-inflamasinya dapat membantu meredakan wasir. Anda juga bisa mengonsumsi jus lidah buaya untuk mengurangi pembengkakan wasir yang menyakitkan.

Caranya lepaskan duri dari daun dengan hati-hati dan potong kecil-kecil. Tempatkan ini di freezer untuk beberapa waktu. Masukkan daun lidah buaya dingin ini ke dalam anus selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air mengalir.

2. Minyak kelapa

Menggunakan minyak kelapa dapat membantu meringankan dari rasa perih dan gatal yang disebabkan oleh wasir. 

Selain itu, minyak kelapa juga dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit karena merupakan agen antimikroba.

Caranya, oleskan minyak kelapa secara merata pasa jari tangan, pastikan tangan Anda sudah bersih. Lalu oleskan ke area yang mengalami bengkak.

3. Kantung teh celup

Kantung teh celup adalah zat alami dan juga mengandung antioksidan. Menempatkan kantong teh dapat membantu mengurangi gejala wasir. Teh juga memiliki sifat anti-inflamasi dan akan mengurangi pembengkakan otot wasir.

Caranya, Rendam kantong teh dalam air panas selama beberapa menit. Angkat dan biarkan agak dingin.

Oleskan air hangat ini pada yang terkena selama lima sampai 10 menit.

Anda juga dapat mendinginkan kantong teh selama beberapa menit dan meletakkan kantong dingin ini di anus.

4. Jus lobak

Jus lobak adalah obat alami yang bagus untuk wasir. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengeluarkan dan mendetoksifikasi sistem pencernaan Anda serta mengurangi ketidaknyamanan yang menyakitkan dari wasir. 

Selain itu, jus lobak juga dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi sembelit, yang merupakan salah satu penyebab utama wasir.

5. Minyak Zaitun

Selain berbagai khasiatnya untuk memperbaiki kulit, rambut, dan kesehatan, minyak zaitun juga efektif meredakan rasa sakit dan bengkak akibat ambeien. 

Ini karena ia memiliki sifat anti-inflamasi. Anda juga dapat mengkonsumsi satu sendok teh minyak setiap hari. Oleskan minyak zaitun dua atau tiga kali sehari dan juga sebelum tidur.

Editor : Norman Octavianus

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network