Apa Saja Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah? Ini Ulasannya

Alvindo Eklesia
Manfaat lidah Buaya untuk wajah. Foto/Istimewa/Freepik

MANADO, iNewsManado.com - manfaat lidah Buaya untuk wajah sepertinya sejak lama dikenal banyak orang. Lidah Buaya atau sebutan lain Aloe Vera, adalah jenis tumbuhan yang populer dan bermanfaat bagi kesehatan wajah. 

Dilansir berbagai sumber, Tumbuhan ini bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia.

Tanaman lidah buaya banyak dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan, dan tanaman hias, dan dapat juga ditanam di dalam pot.

Lidah buaya banyak ditemukan dalam produk seperti minuman, olesan untuk kulit, kosmetika, atau obat luar untuk luka bakar. Walaupun banyak digunakan secara tradisional maupun komersial, uji klinis terhadap tanaman ini belum membuktikan keefektifan atau keamanan ekstrak lidah buaya untuk pengobatan maupun kecantikan. 

Namun alasan lidah Buaya bermanfaat untuk wajah karena mengandung Asam folat, Kolin dan Berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, B12, dan E. Juga berbagai mineral, mulai dari kalsium, kalium, magnesium, dan natrium.

Nah apa saja manfaat lidah Buaya untuk wajah? Berikut ulasannya dirangkum Senin (28/8/2023). 

 

1. Menjaga kelembapan

Manfaat lidah Buaya untuk wajah yang pertama adalah menjaga kelembapan kulit wajah. Dalam hal ini, lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang bermanfaat untuk mengunci kelembapan kulit wajah. Apabila kelembapan kulit terjaga, maka risiko masalah kulit akan berkurang.

 

2. Cegah Tanda Penuaan 

Manfaat lidah buaya untuk wajah berikutnya adalah bisa membantu memperlambat tanda penuaan, seperti kulit berkeriput. Pasalnya, manfaat diperoleh dari kemampuan lidah buaya dalam meningkatkan produksi kolagen. Ketika kebutuhan kolagen terpenuhi, maka elastisitas kulit akan terjaga, sehingga wajah tampak lebih sehat dan muda.

 

3. Menghaluskan Kulit Wajah

Membuat kulit wajah terasa lebih halus juga merupakan salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah. Pasalnya, kemampuan lidah buaya dalam mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit baru yang lebih sehat.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network