10 Manfaat Kafein bagi Kesehatan, No 5 Tidak Diduga

Alvindo Eklesia
Manfaat kafein bagi kesehatan yang wajib diketahui. Foto/Istimewa

7. Cegah Penyakit Parkinson

 Kafein ternyata bisa mencegah penyakit parkinson. Penyakit parkinson adalah gangguan pada sistem saraf yang dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan dan keseimbangan. 

 

8. Kurangi Rambut Rontok 

Kafein juga membantu mengurangi rambut rontok. 

Kafein yang digunakan di kulit kepala diduga mampu merangsang sirkulasi darah dan memblokir enzim yang berkaitan dengan kerontokan rambut. Dengan begitu, kerontokan rambut akan berkurang dan kesehatan rambut secara keseluruhan bisa meningkat.

 

9. Tingkatkan Stamina

Manfaat kafein juga bisa meningkatkan stamina. Mengonsumsi minuman berkafein sekitar 1 jam sebelum olahraga bisa meningkatkan kekuatan otot, stamina, dan daya tahan tubuh seseorang saat berolahraga. Manfaat kafein ini didapat karena kafein dapat memaksimalkan penggunaan lemak sebagai sumber energi.

 

10. Atasi Sembelit

Kafein juga bisa mencegah sembelit. Pasalnya, kafein mampu meningkatkan kontraksi otot di usus besar sehingga buang air besar (BAB) menjadi lancar. Penelitian mengungkapkan rasa ingin BAB akan langsung terasa dalam jangka waktu 4 menit setelah minum kopi.

Itulah 10 manfaat kafein untuk kesehatan. Penggunaan kafein juga menyesuaikan dengan kondisi tubuh termasuk apabila menderita penyakit yang bisa dipicu tingkat keparahan ketika mengonsumsi kafein. 

 

Editor : Fabyan Ilat

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network