10 Manfaat Kafein bagi Kesehatan, No 5 Tidak Diduga

Alvindo Eklesia
Manfaat kafein bagi kesehatan yang wajib diketahui. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Manfaat kafein bagi kesehatan akan diulas dalam artikel kali ini. 

Kafein atau caffeine adalah zat yang digunakan untuk meredakan rasa kantuk, sehingga seseorang dapat tetap terjaga. Selain itu, kafein juga sering ditemukan di dalam obat untuk meredakan migrain. Walaupun dapat mengurangi rasa kantuk, perlu diingat bahwa kafein tidak bisa menggantikan waktu tidur yang hilang.

Kafein adalah zat alami yang terkandung di dalam tanaman teh, kopi, dan kakao. Setelah dikonsumsi, kafein akan diserap ke aliran darah dan dibawa ke hati untuk dipecah menjadi senyawa yang bisa memengaruhi fungsi berbagai organ.

Tanpa disadari, Anda mungkin telah mengonsumsi kafein setiap hari. Kopi dan teh adalah 2 jenis minuman berkafein yang paling populer di masyarakat.

Tak hanya nikmat, kedua minuman tersebut juga bisa membawa manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, jika digunakan dalam dosis yang berlebihan, kafein bisa menyebabkan efek samping tertentu, seperti; Muntah yang berat, Diare yang tidak kunjung mereda, Nyeri dada, Pusing yang berat, Tremor, Dehidrasi, Detak jantung terasa cepat atau tidak teratur, Palpitasi atau jantung berdebar dan Tekanan darah meningkat. 

Untuk lebih lanjut, ini 10 manfaat kafein bagi kesehatan dirangkum Senin (9/10/2023). 

 

1. Turunkan Berat Badan 

Manfaat kafein bagi kesehatan yang pertama adalah bisa menurunkan berat badan. Penelitian mengungkap bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak. 

 

2. Tingkatkan Fokus

Manfaat kafein berikutnya adalah meningkatkan fokus. Mengonsumsi kafein bisa membuat seseorang merasa lebih berenergi dan bersemangat dalam bekerja.

 

3. Cegah Serangan Jantung

Kafein juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya serangan jantung. Kandungan klorogenat pada kafein dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung, termasuk penyakit lain yang masih berhubungan, seperti obesitas dan diabetes tipe 2.

4. Cegah Pikun

Manfaat kafein lainnya yakni menjaga daya ingat dan mencegah pikun. Kafein juga dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer dan demensia yang sering kali dikaitkan dengan kepikunan.

 

5. Cegah Kanker

Kafein juga bermanfaat melindungi Anda dari kerusakan sel tubuh yang bisa berujung menjadi berbagai penyakit kronis, termasuk kanker. Sebab, kafein memiliki sifat antioksidan. 

 

6. Jaga Liver

Kafein juga bisa menjaga kesehatan liver. Rutin mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat membantu Anda menurunkan risiko terserang penyakit tersebut.

7. Cegah Penyakit Parkinson

 Kafein ternyata bisa mencegah penyakit parkinson. Penyakit parkinson adalah gangguan pada sistem saraf yang dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan dan keseimbangan. 

 

8. Kurangi Rambut Rontok 

Kafein juga membantu mengurangi rambut rontok. 

Kafein yang digunakan di kulit kepala diduga mampu merangsang sirkulasi darah dan memblokir enzim yang berkaitan dengan kerontokan rambut. Dengan begitu, kerontokan rambut akan berkurang dan kesehatan rambut secara keseluruhan bisa meningkat.

 

9. Tingkatkan Stamina

Manfaat kafein juga bisa meningkatkan stamina. Mengonsumsi minuman berkafein sekitar 1 jam sebelum olahraga bisa meningkatkan kekuatan otot, stamina, dan daya tahan tubuh seseorang saat berolahraga. Manfaat kafein ini didapat karena kafein dapat memaksimalkan penggunaan lemak sebagai sumber energi.

 

10. Atasi Sembelit

Kafein juga bisa mencegah sembelit. Pasalnya, kafein mampu meningkatkan kontraksi otot di usus besar sehingga buang air besar (BAB) menjadi lancar. Penelitian mengungkapkan rasa ingin BAB akan langsung terasa dalam jangka waktu 4 menit setelah minum kopi.

Itulah 10 manfaat kafein untuk kesehatan. Penggunaan kafein juga menyesuaikan dengan kondisi tubuh termasuk apabila menderita penyakit yang bisa dipicu tingkat keparahan ketika mengonsumsi kafein. 

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network