Bayi Anoa Kelima Lahir di Anoa Breeding Centre BPSILHK Manado

Subhan Sabu
Bayi Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis) berjenis kelamin jantan lahir di Anoa Breeding Centre (Foto iNewsManado/Subhan)

MANADO, iNewsManado.com - Bayi Anoa berjenis kelamin jantan lahir di Anoa Breeding Centre (ABC) yang merupakan kerjasama antara Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSILHK) Manado dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara.

Bayi Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis) dengan bobot badan 6 kg dan panjang badan 52 cm, dari induk anoa betina Anara dan anoa jantan Rocky itu lahir pada Minggu, 9 Juli 2023 pukul 21.56 WITA.

Ini merupakan kelahiran Anoa kelima yang lahir sejak ABC BPSILHK Manado diresmikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya Bakar pada 5 Februari 2015. 

Selama kurun waktu delapan tahun sejak diresmikan telah terdapat 5 kelahiran anoa di ABC BPSILHK Manado dalam kondisi sehat. Bayi anoa pertama lahir pada 7 Februari 2017 bernama Maesa, bayi anoa kedua lahir pada 8 November 2017 bernama Anara, bayi anoa ketiga lahir pada 25 Juli 2018 bernama Deandra, bayi anoa keempat lahir pada 16 Januari 2023 bernama Raden, dan kelahiran bayi anoa kali ini merupakan kelahiran ke-5 di ABC BPSILHK Manado.

Proses kelahiran berlangsung secara normal dengan kondisi induk dan bayi anoa dari pengamatan tim dokter hewan ABC sejauh ini dalam keadaan sehat. 

Bayi Anoa sudah berinteraksi dengan sang induk, menyusu, serta berjalan dengan normal.  Anoa tersebut merupakan keturunan generasi kedua (F2) pertama yang lahir di ABC BPSILHK Manado.

Editor : Subhan Sabu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network