Mengapa saat Musim Dingin Berat Badan Naik? Berikut Penyebab dan Tips untuk Mencegah

Melati Pratiwi
Selalu beraktivitas fisik dan mengonsumsi makanan sehat dapat menjaga berat badan saat musim dingin. (Foto ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Saat musim dingin seringkali membuat nafsu makan meningkat, sehingga menjadi alasan untuk terus makan atau ngemil. Dengan kondisi seperti ini tanpa disadari justru membuat berat badan naik. 

Akan tetapi, benarkah jika musim dingin ada kaitannya dengan berat badan yang bertambah? Dilansir dari Hindustantimes, berikut ini beberapa alasan yang membuat berat badan seseorang bertambah saat musim dingin. 

1. Penurunan suhu yang tiba-tiba

Ketika hari menjadi lebih dingin, orang-orang lebih merasa 'sulit' untuk bergerak dan memilih untuk berada di dalam ruangan. Alhasil mereka pun enggan pergi ke tempat kebugaran ataupun berolahraga. Hal ini menyebabkan aktivitas fisik menurun dan berat badan pun bertambah

2. Hari yang pendek

Menurut dr. Aparna Govil, selama bulan-bulan musim dingin, matahari terbit lebih lambar dan tenggelam lebih awal sehingga menyebabkan hari menjadi pendek. Hal ini dianggap bisa menghambat rutinitas dan terkadang seseorang tak bisa menemukan waktu untuk ke luar.

3. Malam yang lebih panjang

Malam yang lebih lama memungkinan seseorang tidur lebih lama dari biasanya.

4. Seasonal affective disorder (SAD)

Ganguan afektif musiman atau SAD merupakan jenis depresi yang diakitkan dengan perubahan musim. Hal ini bisa membuat seseorang mengalami perubahan suasana hati, tidak aktif, dan energi menurun. Orang yang mengalami SAD mungkin tidak ingin pergi berolahraga atua bahkan sekedar ke luar rumah.

5. Makan Makanan Yang Hangat dan Menenangkan

Musim dingin lekat dengan teh, kopi, kue, dan jenis makanan manis lain. Dokter Aparna Govil mengtakan orang-orang  banyak mengonsumsi makanan yang dianggap dapat menenangkan. Namun makanan tersebut mengandung natrium dan akhirnya menyebabkan kembung serta penambahan berat badan. 

Dari beberapa alasan mengenai berat badan seseorang yang bisa bertambah saat musim dingin, dr. Aparna Govil pun memiliki tips lain untuk mencegah hal tersebut, antara lain:

1. Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Jika tadi disebutkan kondisi SAD akan membuat seseorang enggan berolahraga, makan cegahnya kondisi tersebut mendapatkan matahari yang cukup. Usahakan untuk keluar setiap hari, ketika sinar matahari muncul.

2. Berolahraga Dalam Ruangan

Olahraga tidak harus dilakukan di pusat kebugaran ataupun di luar rumah. Kamu bisa tetap sehat dan bugar walaupun hanya berada di dalam rumah.

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Hindari makanan cepat saji seperti makanan olahan atau kalengan. Kurangi juga makanan yang berminyak, serta perbanyaklah makan buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Usahakan untuk tetap selalu aktif di musim dingin. Jangan sampai hawa dingin membuatmu merasa malas untuk beraktivitas secara fisik. Kamu pasti tidak menginginkan jika berat badan semakin bertambah kan? Dan jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat ya!

Editor : Norman Octavianus

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network