Ini 4 Hewan Langka di Manado, Nomor 2 Sering Diburu Warga

Fabyan Ilat
Tarsius. (Istimewa)


2. Yaki atau Wolai. (Istimewa)

Yaki atau Monyet wolai atau Monyet hitam sulawesi (Macaca nigra) adalah satwa endemik Indonesia yang hanya terdapat Pulau Sulawesi bagian utara dan beberapa pulau di sekitarnya. Cirinya yang khas dari yaki adalah warna seluruh tubuhnya yang hitam dan memiliki rambut berbentuk jambul di atas kepalanya, serta memiliki pantat berwarna merah muda.

Wolai atau Yaki memiliki ekor 20 cm sehingga tampak lebih pendek jika dibandingkan jenis kera lainnya. Namun begitu, tinggi tubuhnya sekitar 44—60 cm dan bobot 7—15 kilogram. Ini membuatnya tampak cenderung lebih besar daripada kera-kera lainnya.

Seperti kebanyakan hewan kelompok kera-keraan lainnya, Beruk Hitam Sulawesi memakan berbagai tumbuhan dan buah. Namun begitu, mereka juga bisa memakan serangga, siput, atau invertebrata kecil. Populasi wolai saat ini terbatas di sekitar Cagar Alam Tangkoko, Bitung, mulai Cagar Alam Tangkoko Batuangus bagian utara hingga ke sungai Onggak Dumoga. Selain itu, mereka juga bisa ditemukan di berbagai hutan lindung di Sulawesi Utara, seperti Cagar Alam Dua Saudara, Pulau Bacan, Manembo Nembo dan Kotamobagu.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network