get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Patra Niaga Sulawesi Hadirkan 53 SPBU di Wilayah 3T

Wujudkan Subsidi Tepat, YLKI : Diperlukan Kolaborasi Pengawasan

Jum'at, 12 Juli 2024 | 10:08 WIB
header img
Program subsidi terus didorong agar pemanfaatan subsidi bisa benar-benar dimanfaatkan sesuai peruntukan (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Upaya dalam mewujudkan subsidi tepat bahan bakar minyak (BBM) jenis solar mendapat tanggapan dari Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (1YLKI) Sulawesi Utara (Sulut), Aldy Lumingkewas. Ia menyebut agar BBM solar benar-benar bisa dimanfaatkan masyarakat, diperlukan kolaborasi pengawasan berbagai pihak.

Hal itu kata Aldy, sudah pernah dilakukan beberapa tahun lalu, melibatkan pemerintah daerah, Pertamina juga kepolisian untuk memastikan distribusi BBM. Demi mewujudkan subsidi tepat, Pertamina tetap fokus memantau distribusinya. 

“Pertamina ditugaskan negara untuk menyediakan BBM termasuk BBM Subsidi. Jadi, Pertamina harus serius monitoring agar konsumsi BBM sesuai peruntukannya,” tutur Aldy, Jumat (12/7/2024).

Terkait dengan dugaan penyalahgunaan solar subsidi, Aldy menyebut masyarakat ikut serta dalam hal pengawasan. 

“Misalnya ditemukan dugaan penyalahgunaan solar subsidi langsung laporkan ke pihak berwajib karena itu sudah masuk dalam ranah hukum,” ujarnya.

Masyarakat yang sekaligus sebagai konsumen kata Aldy punya peran penting dalam hal pengawasan. Ia menekankan agar dalam melaporkan dugaan penyalahgunaan solar subsidi harus disertai bukti-bukti sehingga memudahkan kepolisian dalam melakukan penindakan.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut