get app
inews
Aa Read Next : Ini 5 Daftar Makanan yang Dapat Bantu Turunkan Gula Darah Secara Alami

Harus Dihindari! Ini Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Asam Lambung

Kamis, 27 Januari 2022 | 08:45 WIB
header img
Daftar makanan dan minuman pantangan penderita asam lambung. (Foto ilustrasi: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Penyakit asam lambung sering dialami banyak orang. Hal ini disebabkan oleh naiknya asam dari lambung ke kerongkongan. Oleh karena itu, bagi penderita asam lambung harus menghindari mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang dapat memicu kekambuhan. 

Asam lambung atau dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) dipicu oleh iritasi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Saat kambuh, umumnya perut terasa perih, dada panas atau mulas, sering bersendawa, mual, muntah, dan batuk tanpa dahak.

Agar tidak sering kambuh, seseorang yang mengalami penyakit ini perlu menyesuaikan asupan yang dikonsumsinya dan menghindari makanan pantangan bagi penderita asam lambung. Meskipun asam lambung bukan penyakit yang mengancam jiwa, namun sangat menganggu aktiVitas sehari-sari.

Berikut makanan dan minuman pantangan penderita asam lambung yang harus dihindari, dilansir dari Surgical Clinics pada Kamis (27/1/2022). 

1. Makanan Asam

Makanan tertentu memiliki kadar asam alami yang tinggi. Ketika dikonsumsi saat perut kosong, makanan asam cenderung mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan gejala mulas atau refluks asam. Beberapa makanan asam ini termasuk buah-buahan, bawang putih, bawang merah dan tomat. Makanan yang menggunakan tomat dalam saus adalah penyebab lain gejala asam lambung.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut