get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Awas! Ini Makanan Pemicu Kanker Payudara

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 13:38 WIB
header img
Cegah dini kanker payudara. Ilustrasi/Istimewa

1. Makanan Bakar 

Pemicu kanker payudara salah satunya lewat makanan bakar. Makanan bakar disini artinya, membakar atau memanggang daging merah di atas api dalam waktu yang lama dapat memicu terbentuknya senyawa yang dikenal dengan hcas dan Pah.

Kedua senyawa pada makanan tersebut tergolong sebagai zat karsinogen yang dapat menyebabkan berkembangnya sel kanker termasuk kanker payudara.

Hcas terbentuk dari asam amino gula dan kreatin di dalam otot sapi ayam atau kambing yang bereaksi terhadap panas bara api, sedangkan PH terbentuk ketika lemak dan cairan dalam daging keluar dan menetes ke api pembakaran yang menyebabkan timbulnya kobaran api dan asap.

Asap yang mengandung PH kemudian menempel pada daging, meski begitu efek zat karsinogen sebagai pemicu kanker tidak berpengaruh secara langsung.

Kedua senyawa tersebut bisa menjadi penyebab berkembangnya sel kanker termasuk para payudara bila sudah menyebabkan kerusakan pada DNA atau mutagenik.

 

2. Daging merah 

Daging merah adalah salah satu jenis makanan penyebab kanker payudara,  jenis daging ini termasuk daging sapi, domba, kambing maupun babi.

Apa alasannya daging merah menjadi salah satu makanan pemicu kanker, karena mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi daripada jenis daging lain seperti daging unggas atau ikan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara daging merah dan peningkatan payudara terlebih lagi jika Anda memasaknya dengan suhu tinggi atau dibakar, sehingga memicu proses pelepasan racun. 

Selain itu terlalu sering mengonsumsi makanan daging merah berkaitan erat dengan meningkatkan risiko kanker pankreas, usus besar dan lambung.

Maka dari itu sebaiknya batasi penyantap daging merah dengan jumlah maksimal 1800 gram per minggu.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut