get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Sulut Monitoring Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Minsel

Keren! Warga Minsel Kompak Kembalikan Tradisi Pengucapan Syukur pada Bulan Juli

Minggu, 10 Juli 2022 | 10:17 WIB
header img
Nasi Jahe jadi ciri khas pelaksanaan pengucapan syukur di Minsel. (Foto: Istimewa)

MINSEL, iNews.id - Sejumlah warga dikabupaten Minahasa Selatan kompak merayakan Pengucapan Syukur pada 10 Juli 2022, hari ini. 

Meski tidak dirayakan oleh warga secara menyeluruh dikabupaten Minsel, namun tradisi pengucapan syukur Minsel pada Bulan Juli akhirnya dilangsungkan sejumlah warga disejumlah desa di Minsel. 

Diketahui, tradisi pengucapan syukur telah turun temurun dilaksanakan di Minsel sebagai wujud syukur hasil panen warga yang diberikan Tuhan. 

Pergeseran perayaan pengucapan syukur di Minsel terjadi seiring meningkatnya pandemi Covid-19. Bahkan, pada tahun ini pemerintah dan organisasi gereja menginstruksikan perayaan pengucapan syukur serentak di Sulut pada 25 September 2022 mendatang. Keputusan itu terjadi pro dan kontra dimasyarakat. Ada yang setuju ada yang tidak. Prokontra terjadi sampai di sosial media. 

"Pengucapan syukur itu merupakan tradisi leluhur. Pelaksanaan di bulan Juli karena momentumnya tepat karena pada bulan Juli rata-rata para petani mendapatkan hasil panen. Jadi kalo diubah bulan pelaksanaan, saya kira kurang tepat," ujar Teny Frans, warga Amurang, Minggu (10/7/2022). 

Sementara itu, pengamat kemasyarakatan Unsrat Jetty Tamanampo-M dimintai tanggapan mengatakan, perayaan pengucapan syukur hasil dilihat dari berbagai aspek. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut