Alamak! Pelatih Belanda tak Hoki di Manchester United

Basudiwa Supraja
Erik Ten Hag mengikuti jejak seniornya Louis van Gaal melatih MU. (foto: Istiemwa)

ERIK Ten Hag resmi menakodai Manchester United pada musim depan. Asa besar pada supporter fanatik akan pergantian pelatih baru, terus membumbung.

Namun, ada hal yang patut diwaspadai para supporter Manchester United (MU) terkait kedatangan pelatih asal Belanda tersebut.

Sosok pelatih Negeri Kincir Angin yang pertama kali direkrut MU adalah Louis Van Gaal. Itu terjadi pada medio 2014-2016 silam.

BACA JUGA: Ini Profil Georgina Rodriguez, Pacar Cristiano Ronaldo yang Memiliki Kisah Unik

Van Gaal hadir menggantikan David Moyes yang telah dipecat pada 22 April 2014. Sebelum beralih langsung ke Van Gaal, Ryan Giggs sempat ditunjuk sebagai pemain-pelatih sementara kala itu.

Selama menjabat selama empat tahun sebagai pelatih kepala di Old Trafford, Van Gaal tercatat telah menghadapi 103 pertandingan. Adapun 54 di antaranya berhasil diraih dengan kemenangan sedangkan 24 sisanya adalah hasil imbang dan 25 kekalahan.

Sayangnya Van Gaal belum mampu membawa pulang trofi Liga Inggris selama masa jabatannya tersebut. Satu-satunya prestasi yang berhasil diboyong Van Gaal untuk Man United adalah trofi Piala FA musim 2015-2016.

BACA JUGA: Sah! Muhammadiyah Rayakan Idul Fitri Senin 2 Mei 2022

Setan Merah hanya mampu bertahan di lima besar Liga Inggris selama dilatih oleh Van Gaal selama dua musim. Meski begitu, pelatih Timnas Belanda itu terbilang sukses saat timnya harus menghadapi Liverpool.

Di era Van Gaal, David De Gea dkk sukses memenangkan empat laga dari enam pertemuannya. Sisanya mereka hanya menelan sekali hasil imbang dan kalah.

Situasi itu jelas berbanding terbalik saat Van Gaal keluar dari Old Trafford. Sebanyak 13 kali pertemuan terakhir dengan The Reds, mereka hanya mampu menang dua kali, imbang enam kali, dan kalah lima kali.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network