Ini Tokoh Kunci Indahnya Sirkuit Mandalika

Wikanto Arungbudoyo
Mark Hughes. (Foto: Linkedn)

LOMBOK, iNews.id – MotoGP telah menggelar event di Sirkuit Mandalika, Indonesia. Sirkuit Mandalika mendapat pujian dari seluruh penjuru dunia terkait keindahannya. Diketahui, pembangunan sirkuit kebanggaan Indonesia itu tidak terlepas dari Mrk1 Consulting yang dipimpin oleh Mark Hughes. Lantas, siapakah dia?

Sekadar informasi, misi untuk membawa kembali GP Indonesia ke kalender MotoGP sudah dimulai sejak 2016. Saat itu, CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta berkunjung ke Indonesia. Dia datang di sela-sela balapan MotoGP Australia dan Malaysia.

Ketika itu, Ezpeleta bertemu dengan Menpora RI Imam Nachrawi dan Pengelola Sirkuit Sentul Tinton Soeprapto. Awalnya, Sentul diproyeksikan menggelar balapan MotoGP lagi pada 2017. Sayangnya, proyeksi tersebut gagal.

Dorna tidak menyerah. Lalu, muncul ide untuk menggelar balapan di sirkuit baru yang dibangun di kawasan KEK Mandalika. MGPA lantas menggandeng Mrk1 Consulting serta RoadGrip Motorsport Indonesia (RMI) untuk membangun sirkuit di kawasan tersebut.

Proyek pembangunan dimulai pada 2019 dan selesai sekira Oktober 2021. Sepanjang proses pembangunan, Mrk1 punya peran sangat penting. Mereka mendesain detail tentang sirkuit, pemilihan lokasi, hingga menempatkan staf-staf penting dalam proyek tersebut.

Mrk1 Consulting adalah perusahaan yang didirikan oleh Mark Hughes. Dia sendiri mengakui langsung jatuh cinta dengan Mandalika ketika pertama kali memanjat salah satu area sirkuit.

“Lima tahun lalu, saya memanjat bukit (yang sekarang) di Tikungan 10 dan jatuh cinta dengan Lombok,” cuit Hughes di akun Twitter @markhughesF1.

 “Saya langsung pergi ke pantai di Novotel untuk menggambar ide awal trek yang kemudian disebut Sirkuit Mandalika. Saya masih jatuh cinta dengan pulau ini dan orang-orangnya,” sambungnya.

Lalu, siapa Mark Hughes? Dalam profilnya di situs resmi Mrk1 Consulting, dia adalah mantan pembalap reli di Inggris Raya. Kariernya dimulai sebagai marshall untuk balapan reli, sebelum kemudian pensiun dan beralih peran.

Hughes awalnya bekerja sebagai marketing untuk menggaet sponsor bagi Kejuaraan Reli Inggris dan atau seri Inggris dalam kalender Kejuaraan Reli Dunia (WRC). Mark Hughes kemudian ditunjuk sebagai Manajer Operasional Sirkuit Brands Hatch.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network