ADA APA HARI INI: 15 Maret 1892 Liverpool FC Didirikan, Ini Kisah Uniknya

Tim iNewsManado
Liverpool FC. (Foto: Istimewa)

ADA APA HARI INI Membahas Klub sepakbola Inggris, Liverpool Football Club. Klub yang ciri khas dengan warna kostum merah itu ternyata didirikan oleh pemilik bir.

Dikutip berbagai sumber, The Reds, julukan Liverpool, didirikan oleh John Houlding. John Holding mendirikan Liverpool F.C. karena berselisih dengan klub sepakbola Everton F.C. yang ketika itu menyewa lapangan Anfield milik John Houlding.

John Houlding tak pernah menyangka, kalau ternyata klub yang diberinya nama Liverpool F.C. bakal sukses dan melegenda. Lebih dari 100 tahun, belum ada satu pun klub Inggris yang mampu menyamai pencapaian prestasi Liverpool; Juara Liga 18 kali, juara Piala FA 7 kali, juara Piala Liga 7 kali, juara Piala Eropa 5 kali, dan juara Piala UEFA 3 kali. Everton enggan membayar biaya sewa stadion yang dinaikkan oleh John Holding. Everton F.C. sendiri memutuskan untuk pindah ke Goodison Park.

Berdirinya LFC diawali ketika saingan terbesar dan klub tetangga, Everton, bermula dari sebuah masalah dengan Everton yang membuat LFC berdiri. Ketika Liga sepakbola digelar untuk pertama kalinya pada tahun 1888, Anfield adalah salah satu Stadion pertama yang menjadi penyelenggara.

Pada Sabtu 8 september 1888, pertandingan Liga pembuka, Anfield menyambut team tamu Accrington yang bermain tidak dengan ‘the Reds’ melainkan ‘the Blues’ Everton FC.

Warna biru dan putih kotak-kotak milik Everton menjadi sebuah pertanda bagi mereka di Anfield ketika memenangkan Liga Inggris pada tahun 1891, tapi ini adalah awal yang sulit bagi Everton. Sebenarnya Kedua team Everton dan LFC berutang banyak akan keberadaannya pada para pendeta dan pemuda dari gereja St. Domingo dan juga kepada John Houlding — Gubernur Liverpool yang membuat Everton meninggalkan Anfield dan yang membentuk LFC.

Kedua klub, Everton dan Liverpool pun untuk pertama kali difoto adalah didepan pavilyun tersebut. yang menjadi pertanyaan akankah Everton akan menjadi salah satu anggota pendiri dari Liga sepakbola pada tahun 1888 kalau tanpa bantuan Houlding? Dia membawa Everton ke Anfield pada tahun 1884, Sebelumnya mereka menyewa sebuah lapangan kecil di Priory Road, disebelah utara Stanley Park. tapi mereka terusir karena kebisingan yang terjadi setiap mereka mengadakan pertandingan. Maka Houlding menemui temannya sesama pemilik pabrik bir, Mr. Orrell. yang mempunyai tempat di Anfield Road dan menjalin perjanjian bisnis demi mempunyai sebuah stadion kandang. Tapi dari keputusan itulah kritik berdatangan bertubi-tubi pada sang presiden klub dari jajaran pengurus Everton, dan krisis itu memuncak pada tahun 1892. bukan hanya sewa lapangan saja yang menjadi pokok permasalahan yang mengganggu jajaran pengurus. Houlding menetapkan bahwa hanya bir produksinyalah yang berhak dijual selama pertandingan kandang. dan dia pastinya meraih keuntungan banyak dari keputusan tersebut. Walau bagaimanapun, tetap John Houlding lah yang menolong Everton keluar dari masalah keuangan untuk membeli pemain atau merenovasi lapangan. Penggunaan Sandon Bar sebagai ruang gantipun adalah keputusan yang lagi-lagi menguntungkan Houlding sendiri karena para pemain akan meminum produknya disana.

 

Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi pada 15 Maret yang dirangkum ADA APA HARI INI dari Wikipedia:

 

1820 - Maine menjadi negara bagian Amerika Serikat ke-23.

1848 - Revolusi pecah di Hongaria. Penguasa Habsburg dipaksa memenuhi permintaan partai Reformasi.

1864 - Perang Saudara Amerika: Kampanye Sungai Merah: Armada U.S. Navy tiba di Alexandria, Louisiana.

1874 - Prancis dan Dinasti Nguyen menandatangani Perjanjian Saigon Kedua, mengakui kedaulatan penuh Prancis atas Cochinchina.

1875 - Uskup Agung New York John McCloskey diangkat sebagai kardinal pertama di Amerika Serikat.

1877 - Pertandingan uji coba kriket pertama secara resmi dimainkan antara Australia vs Inggris di Mcg Stadium, Melbourne, Australia.

1888 - Perang Inggris-Tibet pecah.

1892 - Liverpool F.C. berdiri.

1906 - Charles Rolls dan Henry Royce mendirikan perusahaan Rolls-Royce.

1983 - Hari Raya Nyepi 1905 menjadi hari libur nasional untuk yang pertama kalinya.

1990 - Mikhail Gorbachev dilantik sebagai presiden eksekutif pertama Uni Soviet.

1991 - Perjanjian Penyelesaian Akhir dengan Masalah Jerman (Treaty on the Final Settlement with Respect to Germany) mulai berlaku, memberikan kedaulatan penuh kepada Republik Federal Jerman.

2011 - Perang Saudara Suriah pecah.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network