get app
inews
Aa Read Next : ADA APA HARI INI: 11 April 2012 Gempa Bumi M8.6 Landa Aceh, 5 Warga Tewas

ADA APA HARI INI: 18 Maret 2015 Museum Tunisia Diserang Teroris, 23 Orang Tewas

Jum'at, 18 Maret 2022 | 10:40 WIB
header img
Suasana penyerangan yang dilakukan teroris di Museum Tunisia. (Foto: Reuters)

ADA APA HARI INI Membahas kejadian pada 18 Maret 2015 silam di Tunisia. Saat itu, teroris bersenjata menembak sejumlah orang yang berada di Museum Nasional Bardo di Tunisia. Kejadian itu menewaskan 23 orang dan melukai puluhan lainnya.

Rakyat Tunisia bersatu padu berupaya membangkitkan kembali citra pariwisata Tunisia melalui media sosial. Sementara Pemerintah Tunisia dengan cepat menangkap mereka yang diduga terlibat dalam serangan mematikan itu.

Dikutip berbagai sumber, dari jumlah yang tewas, 20 di antaranya adalah wisatawan asing yang berkunjung ke Museum Bardo. Dua puluh korban tewas adalah berkebangsaan Italia (4 orang), Jepang (3), Perancis (3), Polandia (3), Spanyol (2), Kolombia (2), Rusia (1), Belgia (1), Inggris (1). Tiga orang lainnya yang tewas adalah warga Tunisia, termasuk dua lelaki bersenjata Kalashnikov yang menyerang museum. Warga Tunisia lainnya yang tewas adalah seorang polisi.

Otoritas Tunisia pada tiga hari kemudian mengumumkan telah menangkap lebih dari 10 militan atas dugaan keterlibatan dalam serangan bersenjata di Museum Nasional Bardo. Dua orang bersenjata yang tewas dalam baku tembak dengan aparat keamanan Tunisia diketahui sebagai Yassine Laabidi dan Hatem Khachnaoui. Keduanya meninggalkan Tunisia pada Desember 2014 dan pernah mengikuti latihan bersenjata di Libya.

Museum Bardo di Tunisia adalah salah satu lokasi pariwisata paling populer di Tunisia. Museum itu menyimpan koleksi terkenal berupa benda-benda antik dan warisan yang lain dari Kekaisaran Romawi. Negara di Afrika utara itu mengandalkan sektor pariwisata. Serangan ke Museum Bardo melumpuhkan aktivitas pariwisata di negeri itu. Padahal, sebanyak 15 persen pendapatan Tunisia berasal dari sektor pariwisata.

 

Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi diberbagai belahan dunia yang dirangkum ADA APA HARI INI dari berbagai sumber:

 

1850 – American Express didirikan oleh Henry Wells dan William Fargo.

1942 – Pangeran Musa Ardi Kesuma diangkat Tentara Dai Nipon sebagai Ridzie, penguasa penuh pemerintahan sipil di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

1974 – Negara–negara Arab kecuali Libya mengakhiri embargo minyak ke AS.

1997 – Ekor pesawat carter Antonov An–24 Rusia putus saat dalam perjalanan ke Turki menyebabkan pesawat tersebut jatuh dan menewaskan semua orang di dalamnya (total 50 orang tewas).

2000 – Chen Shui–bian memenangkan pemilu Presiden Republik China.

2008 – Izin penerbangan Adam Air dicabut.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut