get app
inews
Aa Read Next : ADA APA HARI INI: 20 Maret 1956, Tunisia Merdeka dari Perancis

ADA APA HARI INI: 11 April 2012 Gempa Bumi M8.6 Landa Aceh, 5 Warga Tewas

Senin, 11 April 2022 | 10:00 WIB
header img
Ilustrasi Tsunami di Aceh yang dipicu gempa bumi dahsyat. (Foto: Istimewa)

ADA APA HARI INI membahas peristiwa Gempa bumi Aceh pada 11 April 2012. Gempa bumi yang terjadi sore hari tersebut menyebabkan 5 warga tewas karena shock dan serangan jantung. 7 warga lainnya kritis dan luka-luka.

Pun,  gempa bumi tersebut tercatat sebagai gempa terbesar yang diakibatkan pergerakan sesar geser (strike-slip fault), mengalahkan gempa serupa di San Francisco tahun 1906 (magnitudo 7,9) dan gempa bumi Wairarapa di Selandia Baru tahun 1855 (magnitudo 8,2).

Dikutip Wikipedia, para ahli geofisika menduga kuat beberapa gempa yang mengentak lepas pantai Oregon, Michoacan,Meksiko, dan di Teluk California, Amerika Serikat, itu ada hubungannya dengan gempa besar yang melanda Sumatra. Namun gempa-gempa dengan kisaran kekuatan 5,9-6,9 pada skala Richter tersebut sudah biasa mengguncang pantai barat Amerika Utara.

Penjelasannya, gempa di satu lokasi juga mengirimkan getaran lewat permukaan bumi ke lokasi yang jaraknya lebih jauh. Gempa Sumatra mungkin tidak merusak kerak bumi, tetapi para peneliti masih membuka kemungkinan gempa itu bisa memicu gempa kecil di wilayah lain.

 

Berikut sejumlah peristiwa pada 11 April dibelahan dunia dikutip berbagai sumber:

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut