Ini Sejumlah Fakta Kampung Halaman Presiden Prabowo Subianto di Minahasa

Tim iNews Manado
Langowan, kampung halaman Prabowo Subianto di Sulawesi Utara. Foto/Istimewa

Dalam bahasa Tountemboan rangow berarti lubang. Namun dengan penambahan suku kata an, maka otomatis menjadi rangowan (berlubang). Arti tersebut bukan pada konteks gunung, tanah, atau tempat lainnya. Arti kata rangowan itu terarah pada sebuah pohon kayu besar yang sekarang menjadi tempat berdirinya Gereja GMIM Schwarz Sentrum.


Prabowo Subianto saat dewasa ketika menghadiri ibadah pemakaman kakeknya. Foto/Istimewa

 

Penginjil Johann Gottlieb Schwarz lah yang jadi inspirasi nama Langowan. Karena bagi orang Eropa seperti Schwarz adalah sulit bagi lidahnya untuk mengucapkan kata “rangow”, dan huruf “R” yang diucapkannya menjadi huruf “L” sehingga “rangow” menjadi “Langow”. Sehingga jadilah “Langowan” disahkan menjadi nama daerah Langowan hingga sekarang.

Langowan merupakan tempat asal Ibunda Prabowo, Dora Marie Sigar. Langowan sendiri merupakan kota kecamatan di Kabupaten Minahasa dan memiliki puluhan desa. Pada kurun waktu tahun 1900-1920, seorang penginjil dari Jerman bernama Johann Gottlieb Schwarz datang dan menyebarkan ajaran Nasrani di tempat itu.

Di pusat keramaian Langowan, terdapat sebuah patung raksasa yang menjadi monumen untuk mengenang Johann Gottlieb Schwarz, penginjil Kristen yang menyebarkan Injil di tanah Minahasa. Patung ini kini menjadi ikon kota dan terletak di samping Gereja GMIM Sentrum Langowan.

Patung Schwarz yang baru, terbuat dari tembaga, merupakan sumbangan pribadi Letjen (Purn) Prabowo Subianto. Sementara itu, patung Schwarz yang lama telah dipindahkan ke kompleks makamnya di Desa Wolaang, Kecamatan Langowan Timur, tidak jauh dari lokasi monumen yang baru.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network