Ini Sejumlah Fakta Kampung Halaman Presiden Prabowo Subianto di Minahasa

Tim iNews Manado
Langowan, kampung halaman Prabowo Subianto di Sulawesi Utara. Foto/Istimewa

MINAHASA, iNewsManado.id – Prabowo Subianto resmi dilantik menjadi Presiden RI ke 8 pada Minggu (20/10/2024). Dibalik pelantikan itu, Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mencatatkan sejarah sebagai pasangan yang meraih suara terbanyak dalam sejarah pemilihan kepala Negara di dunia. Pasangan Prabowo Gibran meraih suara sebanyak 96 juta!

Selain itu, Prabowo Subianto juga mencatatkan sejarah sebagai Presiden RI pertama yang berdarah Sulawesi Utara. Itu dikarenakan, Prabowo Subianto memiliki darah Minahasa, Sulawesi Utara dari sosok Ibunya Dora Sigar yang berasal dari Langowan.


Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Sigar, oragntua Prabowo Subianto ketika berada di Langowan, Minahasa. Foto/Istimewa

 

Pada artikel ini, Langowan yang merupakan kampung halaman Prabowo Subianto akan diulas lengkap.

Sekadar diketahui, Langowan merupakan salah satu wilayah dan kecamatan di Kabupaten Minahasa yang memiliki puluhan desa.

Nah, bagaimana sejarah dan asal mula Langowan? Pada kurun waktu tahun 1900-1920, merupakan tahun bersejarah bagi Langowan. Masuknya penginjilan Johann Gottlieb Schwarz yang berasal dari Jerman (yang kini diabadikan sebagai patung di depan Gereja Schwarz Sentrum Langowan) jadi salah satu momentum terciptanya nama Langowan.

Dikutip berbagai sumber, langowan dahulunya merupakan distrik yang belum memiliki nama dan ditinggali masyarakat tradisional.

Tepat di area yang saat ini dibangun gereja GMIM Schwarz, dulunya merupakan tempat perkumpulan warga lokal dalam pelaksanaan berbagai upacara adat.

Di tempat itu, dulunya bertumbuh sebuah pohon besar yang dianggap keramat karena dijadikan tempat memanggil dan mendengarkan suara burung Wala oleh walian dan tonaas yang dalam bahasa Tountemboan disebut Wates yang daunnya lebat dan pada batangnya terdapat lobang besar yang dalam bahasa Toutemboan disebut rangow.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network