Daftar Undangan Pelantikan Presiden: 21 Kepala Negara dan 13 Perwakilan Khusus

Norman Octovianus
Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, memberikan keterangan pers terkait pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2024-2029, Jumat (18/10/2023). Foto/Setpres/Istimewa.

JAKARTA, iNewsManado.id – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden (wapres) pada Minggu, 20 Oktober 2024. Daftar undang pelantikan presiden populer akan dihadiri oleh 21 kepala negara dan 13 perwakilan khusus.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengungkapkan bahwa para tamu undangan akan tiba di Indonesia melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu, 19 Oktober 2024. “Menurut informasi yang kami terima, tamu-tamu negara mulai berdatangan pada tanggal 19, termasuk mereka yang diundang secara khusus oleh Presiden Prabowo. Kedua bandara, Halim dan Soekarno-Hatta, akan menjadi lokasi kedatangan para tamu negara,” jelas Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2024.

Heru merinci bahwa para tamu tersebut terdiri dari 20 kepala negara dan satu utusan PBB dari kawasan Eropa, serta 13 perwakilan khusus kepala negara. Ia juga menambahkan bahwa jumlah tamu tersebut kemungkinan akan meningkat. “Data lengkapnya akan kami sampaikan sore ini atau besok pagi,” ujarnya.

Untuk menyambut kedatangan para tamu internasional, Heru menyatakan bahwa persiapan telah dilakukan bersama Kementerian Luar Negeri (Kemlu) serta berkoordinasi dengan TNI AU, Lanud Halim, dan Bandara Soetta. Di kedua bandara, akan diadakan prosesi penerimaan untuk kepala negara atau setingkat kepala negara. Gladi resik juga telah dilaksanakan sebagai bagian dari persiapan penyambutan.

“Segala persiapan telah kami lakukan dengan baik, termasuk pengaturan di hotel-hotel yang ditetapkan, serta koordinasi dengan Pemda DKI. Kami juga meminta agar saat kedatangan, tayangan di seluruh LED dan videotron yang ada di Jakarta dapat menampilkan sambutan tersebut,” jelasnya.(*)

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network