Kisah Inspiratif! Modal Awal Rp500.000, Bisnis Dimsum Ini Beromzet Rp9 Miliar

Athika Rahma
Ilustrasi Dimsum. (foto: highend)

BISNIS Dimsus ternyata menjadi bisnis menjanjikan. Kisah inspiratifnya terjadi pada Muhammad Kautsar, yang kini memiliki usaha Bolekaka Dimsum 49 dengan omzet bulanan hingga Rp 9 miliar.

Memang fantastis terdengarnya, namun butuh waktu tahunan bagis Kautsar untuk mencapai titik kesuksesan tersebut. Semua bermula dari pinjaman senilai Rp 500.000 untuk usaha dari tetangga.

"Saya dulu belum tahu mau bisnis apa, saya lihat ke pasar ada yang penggilingan bakso, dimsum. Saya kepikiran pengen dimsum aja, kalau bakso kan pasarnya sudah banyak," ujar Kautsar dalam tayangan YouTube Helmy Yahya Bicara, ditulis Sabtu (26/2/2022).

Pada tahun 2015, Kautsar memulai bisnis membuat dimsum. Bisnis ini dia tekuni hingga pada 2017, Kautsar masuk ke marketplace online.

"Saya melihat di online ini peminat dimsumnya besar sekali, jadi saya masuk ke online," katanya.

Hingga kini, bisnis Dimsum 49 milik Kautsar telah mempekerjakan 300 pegawai, 50 agen dan 4.000 reseller yang tersebar di 20 kota. Restoran milik Kautsar yang menjual dimsum, Bolekaka, juga sukses dengan omzet Rp 2,5 miliar pada bulan Januari lalu.

Kunci sukses Kautsar tidak sulit. Dia berbakti dan selalu meminta restu untuk melakukan segala aktivitas termasuk bisnisnya kepada orang tua.

"Dan saya karena keterbatasan lulusan SMA, saya juga belajar dari para ahli, rekrut profesional," katanya.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network