Panen Cabai Perdana di Manado dan Minut, Kepala KPw BI Sulut Berharap Produksi Bisa Berkesinambungan

Subhan Sabu
Kepala KPw BI Sulut, Andry Prasmuko panen cabai perdana di Manado dan Minahasa Utara (Foto: Istimewa)

Di tempat yang sama, Ketua Kelompok P4S Sari Hutan Abadi Atma Tarigan mengatakan pihaknya berterima kasih kepada BI karena boleh memberikan bantuan untuk meningkatkan produksi tanaman hortikultura di Minut.

"Target kami ternyata sejalan dengan program BI, dan mulai tahun lalu, kami mendapatkan bantuan, dan berharap kolaborasi ini akan terus berlanjut," ujar Atma.

Saat ini dia mengaku melakukan penanaman bersama-sama dengan siswa-siswi PKL SMK Negeri Pertanian Pembangunan Kalasey. Sudah 10 ribu pohon cabai rawit yang ditanam, dan ditargetkan bisa mencapai 25 ribu pohon, dengan luas lahan sebesar dua hektare.

Selain cabai rawit, juga ada tomat yang ditargetkan juga mencapai 25.000 pohon, kemudian ke depan, tanaman padi ditargetkan seluas 20 hektare.

Sementara Ketua Kelompok Tani Mitra Bersama Tomy Taasora mengatakan saat ini lahan yang ditanamai sebesar 0,6 hektare. Dia mengatakan sebelum dapat bantuan dari BI pihaknya hanya mampu menanam 3 ribu pohon cabai keriting, setelah dapat bantuan BI meningkat menjadi 4.500 pohon.

"Dari tanaman ini, kami menargetkan hasil produksi mampu mencapai 4,5 ton hingga 5 ton," katanya.

Ia mengatakan selain cabai keriting, pihaknya juga menanam cabai rawit sebanyak 1.200 pohon. Saat ini yang cukup mahal menurutnya yaitu pupuk, dan berharap berharap bisa mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

Editor : Subhan Sabu

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network