Prajurit Kodam XIII/Merdeka Laksanakan Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Penuh Khidmat

Subhan Sabu
Kodam XIII/Merdeka menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia yang berlangsung penuh khidmat di Makodam XIII/Merdeka (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Kodam XIII/Merdeka menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) yang berlangsung penuh khidmat di Makodam XIII/Merdeka, Sabtu (17/8/2024).

Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup)  yang turut dihadiri oleh jajaran pejabat utama, termasuk LO AL dan AU Kodam Merdeka. Selain itu, upacara juga dihadiri oleh seluruh personel TNI dan PNS di lingkungan Kodam Merdeka.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, S.E., M.Si., yang dibacakan oleh Kasdam menyampaikan bahwa upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus tahun ini menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju".

Momentum bersejarah ini melambangkan transisi perpindahan ibu kota, sekaligus keberlanjutan pemerintah ke pemerintah yang baru nanti.

"Peringatan HUT kemerdekaan pada hakikatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan  kepada para pejuang pendiri Republik ini, yaitu para pahlawan kusuma bangsa yang telah berkorban jiwa dan raga," tutur Jenderal TNI Agus.

Beliau juga menyampaikan bahwa hasil survei media terkemuka pada bulan Juni yang lalu terkait citra lembaga negara, menyatakan TNI berada pada urutan teratas. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan TNI selalu dibutuhkan dan terus mendapatan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.

Editor : Subhan Sabu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network