Tips Memilih Ban Sepeda Motor Agar Aman dan Nyaman saat Dikendarai

Subhan Sabu
Tips Memilih Ban Sepeda Motor Agar Aman dan Nyaman saat Dikendarai (Foto: Istimewa)

Memang tidak ada larangan khusus untuk mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil, asal sesuai batas toleransi perubahannya. Tetapi perlu diingat, perubahan ukuran ban bisa berpengaruh pada performa, kenyamanan dan kestabilan sepeda motor itu sendiri. 

Penggunaan ban dengan ukuran lebih besar bisa membuat motor terasa sedikit lebih berat. Selain akibat penambahan bobot ban, area permukaan ban yang nemempel di aspal akan lebih lebar sehingga tahanan laju sepeda motor lebih tinggi.  

Sementara itu, mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil memang membuat motor bisa melaju kencang. Selain akibat bobot ban lebih ringan, permukaan ban yang menempel di aspal lebih sedikit sehingga tahanannya pun lebih kecil. 

Tapi risikonya adalah pengendalian sepeda motor jadi lebih liar dan daya cengkram ban pada permukaan aspal lebih kecil sehingga ban mudah slip. 

Karena itu, lihatlah detail ban melalui kode yang ada pada ban, mulai dari lebar, tinggi, diameter pelek hingga maksimum beban berat yang bisa diterima ban. 

Gunakanlah ban sesuai anjuran pabrikan agar sepeda motor dapat digunakan dengan performa terbaiknya. Pakailah ban dari Honda Genuine Parts (HGP) agar terjamin kualitasnya.  

Ridwan Suwandie Technical Service Dept Head PT DAW mengatakan dengan melakukan perawatan berkala secara teratur akan menghindari kerusakan yang lebih parah dan mengurangi risiko kecelakan.

"Selain itu sepeda motor dapat lebih optimal dan bertenaga," kata Ridwan, Rabu (5/6/2024).

Perawatan yang baik juga dapat menjadi investasi jangka panjang untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. 

"Gunakanlah layanan kunjung AHASS atau booking servis untuk layanan bebas antri dengan mendownload Daya Auto melalui Play store maupun App store,” ujar Ridwan.

Editor : Subhan Sabu

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network