Tips Memilih Ban Sepeda Motor Agar Aman dan Nyaman saat Dikendarai

Subhan Sabu
Tips Memilih Ban Sepeda Motor Agar Aman dan Nyaman saat Dikendarai (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Selain untuk memudahkan laju sepeda motor, ban juga berfungsi untuk menahan beban motor dan pengendara, meredam getaran sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Ban pada sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting, fungsi-fungsi tersebut akan terasa maksimal jika ban yang digunakan sesuai dengan yang dianjuran oleh pabrikan. 

Karena itu, pemilik sepeda motor perlu mengetahui beberapa hal dalam memilih ban sepeda motor agar tidak salah pilih, sehingga sepeda motor dapat digunakan dengan performa terbaiknya. 

Berikut adalah tips memilih ban yang cocok untuk sepeda motormu : 

1. Kenali jenis ban yang ingin digunakan 

Terdapat 2 tipe ban yang umum digunakan, yakni tubeless (tanpa ban dalam) dan tubetype (dengan ban dalam). Meski keduanya dibuat dengan material yang sama yaitu karet, tapi yang membedakan dari ban jenis tubeless dan tubetype terletak pada konstruksinya. 

Ban tubetype masih menggunakan ban dalam untuk menampung udara sebagai tahanan dinding ban. Ban ini bisa digunakan pada velg spoke wheel atau velg jari-jari.  

Ban tubeless dirancang memiliki sidewall lebih kokoh agar bisa menopang beban kendaraan dan memberikan stabilitas saat berbelok. Pada ban tubeless juga terdapat Inner Liner yang berfungsi seperti ban dalam, menahan tekanan angin agar tidak bocor. Ban ini hanya bisa digunakan pada velg cast wheel atau velg palang. 

Editor : Subhan Sabu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network