Ini 4 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Norman Octovianus
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com – Air putih merupakan salah satu pencegah dehidrasi. Minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur ternyata banyak manfaatnya.

Selama tertidur tubuh tidak memperoleh cairan sama sekali. Tidak hanya sebatas itu, rutinitas ini ternyata masih memiliki berbagai manfaat baik lainnya.

Air adalah zat penting yang menyusun 50–80% komposisi tubuh bergantung pada kelompok usia seseorang. Fungsi air di dalam tubuh cukup beragam, mulai dari menjaga keseimbangan suhu tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh, hingga melancarkan sistem pencernaan.

 

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari dikutip berbagai sumber Kamis (18/4/2024).

 

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat minum air putih di pagi hari saat perut kosong adalah meningkatkan metabolisme tubuh serta pembakaran kalori. Pasalnya, metabolisme bisa meningkat hingga 25% saat minum air putih dalam kondisi perut kosong. Metabolisme yang lancar akan membuat tubuh menjadi lebih energik sehingga nyaman untuk beraktivitas.

 

2. Mengontrol Keinginan Makan

Perut sering kali terasa lapar usai bangun tidur di pagi hari. Hal ini karena lambung berada dalam keadaan kosong selama tertidur. Tak jarang rasa lapar tersebut mendorong seseorang untuk makan berlebih ketika sarapan.

 

3. Membuang Racun dalam Tubuh

Manfaat minum air putih saat bangun tidur selanjutnya yaitu membantu mengeluarkan racun atau zat sisa metabolisme dari tubuh saat malam hari. Racun tersebut nantinya akan disaring oleh ginjal dan dikeluarkan bersama urine.

 

4. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi air putih saat bangun tidur juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit. Pasalnya, 30% kulit tersusun atas air dan mengonsumsi air saat pagi hari diyakini dapat meminimalkan pertumbuhan jerawat serta melembapkan kulit.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network