Ini Cara Cepat Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Destriana Indria Pamungkas
Cara cepat hilangkan flek hitam di wajah. (Foto ilustrasi: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Para wanita pasti ingin mengetahui mengenai cara cepat hilangkan flek hitam di wajah. Memang bagi sebagian wanita, Flek hitam atau hiperpigmentasi sangat mengganggu penampilan. Terlebih bagi mereka yang selalu mendambakan kulit putih berseri.

Bercak kecoklatan pada wajah ini muncul karena adanya produksi melanin yang meningkat, terutama setelah terkena sinar ultraviolet (UV). Melanin merupakan pigmen yang menentukan warna pada kulit, rambut, dan mata mahluk hidup.

Munculnya flek tidak harus dikarenakan terpapar sinar matahari secara langsung saja, namun ada beberpa faktor lain. Seperti hormon kehamilan, faktor keturunan, obat-obatan, kekurangan gizi, dan juga penggunaan kosmetik yang kurang tepat.

Lalu, bagaimana cara cepat hilangkan flek hitam di wajah? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya. 

1. Melakukan Peeling Kimia

Menurut laman RSUP Dr. Sardjito, flek yang tidak dapat dihilangkan menggunakan obat-obatan harus dilakukan tindakan khusus. Yaitu melakukan peeling menggunakan bahan kimia seperti Light heat Energy (LHE), Mikrodermabrasi, atau Cell Activator & Recuprator (CAR). Tentunya hal ini tidak bisa dilakukan sendiri, anda harus datang ke klinik atau pelayanan kesehatan terdekat.

2. Menggunakan Krim dari Dokter Kulit

Cara yang kedua adalah datang ke klinik kecantikan atau ke dokter kulit. Konsultasikan masalah flek yang ada di kulit wajah anda dan dokter akan meresepkan krim untuk digunakan pada wajah anda. Biasanya anda harus menggunakan krim ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Lemon

Sudah bukan rahasia lagi jika lemon mengandung banyak vitamin C yang dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil perasan air lemon lalu balurkan ke wajah. Namun, bagi yang memilki kulit sensitif dianjurkan untuk menambahkan air terlebih dahulu.

4. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat, selain dapat digunakan untuk rambut, gel dari tanaman ini juga dapat dipakai untuk wajah, loh. Lidah buaya memiliki senyawa aloin dan asam salisilat yang dapat menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami. Anda hanya tinggal mengoleskan gel ini pada wajah.

5. Kunyit

Kunyit yang dikenal memiliki senyawa curcumin ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Anda bisa mencampurkan bubuk atau pasta kunyit dengan madu atau perasan jeruk lemon untuk kemudian dijadikan sebagai masker.

6. Madu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu memiliki banyak sekali manfaat. Madu memiliki zat antibiotik dan dapat membantu menghilangkan flek hitam pada wajah. Anda bisa langsung mengoleskannya pada wajah atau gunakan madu dengan campuran bahan lain.

7. Cuka Apel

Bahan makanan yang satu ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Karena, cuka apel memiliki senyawa asam asetat yang dapat mengatasi pigmentasi kulit, selain itu senyawa ini juga dapat menjadi obat jerawat. Cara penggunaannya adalah menjadikan cuka apel sebagai toner.

8. Pepaya

Selain dapat membantu melancarkan pencernaan, buah pepaya juga dapat menghilangkan flek hitam. Buah pepaya digunakan sebagai bahan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Tentunya anda bisa menggunakan buah pepaya sebagai masker.

9. Oatmeal

Masker oatmeal belakangan banyak digemari oleh kaum hawa. Biasanya masker dari bahan oatmeal digunakan sebagai bahan eksfoliasi dan dapat menghilangkan flek hitam di wajah jika digunakan secara rutin.

10. Susu atau yoghurt

Senyawa asam laktat pada susu dan yoghurt memiliki kemampuan untuk mengubah pigmen warna sehingga cocok digunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Anda bisa menggunakan susu dan yoghurt plain tanpa rasa, bisa digunakan secara langsung maupun dijadikan campuran masker.

Ada baiknya anda menggunakan sunscreen dengan SPF 30 - 50 untuk mencegah kulit wajah anda terkena flek hitam.

Editor : Norman Octavianus

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network