Instruktur Safety Riding Honda DAW Berbagi Tips Berkendara di Musim Hujan

Subhan Sabu
Instruktur Safety Riding Honda PT. Daya Adicipta Wisesa (DAW) Agnessya Mapalie berbagi beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya berkendara jadi lebih aman dan nyaman di musim hujan (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - Memasuki musim hujan yang melanda wilayah Kota Manado dan sekitarnya, pengendara sepeda motor harus melakukan persiapan ekstra baik fisik, perlengkapan berkendara, maupun sepeda motornya. 

Setidaknya fisik harus selalu dalam kondisi fit supaya bisa tetap fokus saat berkendara di tengah cuaca yang tak menentu. Untuk beraktivitas sehari- hari terkadang pengendara sepeda motor harus menerjang hujan untuk sampai ke tempat tujuannya.

Mengendarai sepeda motor di musim hujan membuat pengendara motor lebih beresiko dimana gangguan bisa datang dari kondisi fisik yang menurun, gangguan penglihatan, jalan licin, jalan rusak hingga genangan air yang menutupi muka jalan. Kondisi tersebut menuntut pengendara sepeda motor harus meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati agar tak mengalami kecelakaan. 

Untuk itu,  Instruktur Safety Riding Honda PT. Daya Adicipta Wisesa (DAW) Agnessya Mapalie berbagi beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya berkendara jadi lebih aman dan nyaman di musim hujan.

Pertama kata Agnessya, pastikan ban sepeda motor dalam keadaan baik. Ban dalam kondisi baik mampu mengurangi potensi motor tergelincir akibat jalan licin. Karena itu pastikanlah kembangan ban, tekanan angin ban, dan kekenyalan karet ban dalam keadaan baik serta sesuai standar yang dianjurkan.

"Kedua, pastikan lampu berfungsi baik. Dalam kondisi hujan yang cukup lebat, jarak pandang akan sangat berkurang. Selain membantu pencahayaan jalan di depan, lampu motor akan membantu pengendara lain melihat keberadaan kita," kata Agnessya, Rabu (17/1/2024).

Editor : Subhan Sabu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network