Ibu Harus Tahu! Berikut Ini 5 Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan dalam Program Hamil

Litbang MPI
Asupan nutrisi yang dibutuhkan dalam program hamil. (Foto ilustrasi: Unsplash)

Protein sangat penting untuk pertumbuhan jaringan dan organ bayi, termasuk otak. Selain itu, protein juga membantu pertumbuhan jaringan payudara dan rahim ibu selama kehamilan.

Asupan protein di masa kehamilan harus lebih tinggi dari konsumsi biasanya. Para ibu yang sedang menjalankan program hamil membutuhkan setidaknya 60 hingga 100 gram protein sehari. Jumlah itu bergantung pada berat badan dan trimester kehamilan.

Sumber protein yang baik untuk tubuh meliputi daging sapi rendah lemak, salmon, kacang-kacangan, dan ayam.

2. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang membantu pertumbuhan tulang pada bayi dan mampu mengatur penggunaan cairan dalam tubuh. Wanita hamil membutuhkan 1.000 mg kalsium, idealnya diberikan dalam dua dosis 500 mg per hari. 

Beberapa sumber kalsium yang baik untuk program hamil di antaranya keju, susu, yogurt, salmon, udang, lele, hingga sayuran hijau.

3. Folat

Asam folat dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf, yaitu cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang. Cacat tabung saraf dapat menyebabkan berbagai tingkat kelumpuhan, inkontinensia, dan terkadang cacat intelektual. American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan wanita hamil untuk mengonsumsi 600 hingga 800 mikrogram folat.

Editor : Norman Octavianus

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network