Cacar Monyet Teror Indonesia, 14 Orang Terjangkit

Syiva Fauziah
Cacar monyet teror Indonesia. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Kasus cacar monyet kembali ancam Indonesia. Data melaporkan bahwa jumlah kasus cacar monyet di Indonesia telah meningkat menjadi 14 kasus yang telah dikonfirmasi. Pasien-pasien ini sedang diisolasi di rumah sakit karena mereka mengalami gejala.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, dr. Maxi Rein Rondonuwu, menjelaskan bahwa peningkatan kasus cacar monyet tahun ini terjadi karena perhatian utama sebelumnya terfokus pada pandemi Covid-19. Beberapa kasus berasal dari kontak dengan penderita dari Belanda.

Dr. Maxi mengatakan bahwa kasus cacar monyet sudah menjadi transmisi lokal dan diperkirakan akan terus bertambah. Epidemiolog memprediksi bahwa jumlah kasus bisa mencapai 3600 dalam setahun.

Oleh karena itu, upaya pencegahan telah dilakukan, termasuk vaksinasi. Ada 1.000 dosis vaksin yang telah disiapkan untuk 447 orang, terutama yang pernah kontak langsung dengan penderita dan berhubungan seksual dalam dua minggu terakhir. Selain itu, masyarakat diberikan edukasi untuk menjaga kebersihan dan menggunakan kondom saat berhubungan seksual, bahkan jika tanpa gejala.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network