Khasiat Makan Bawang Putih Mentah di Luar Dugaan

Allan Pontoh
Khasiat makan bawang putih mentah. Foto/Istimewa/Alodokter

MANADO, iNewsManado.com - Makan bawang putih mentah ternyata membawa manfaat bagi tubuh. Hal itu diungkap dokter Saddam Ismail.

Lazimnya, penggunaan bawang putih dominan sebagai bumbu dapur saja. Untuk meningkatkan kelezatan pada makanan. 

Dikutip chanel YouTube Saddam Ismail, berikut penjelasan tentang manfaat makan bawang putih mentah setiap hari.

 

1. Cegah Kanker

Makan bawang putih mentah ini sudah dikenal lama, sejak dulu berabad-abad yang mungkin jaman sekarang jarang baca tentang informasi kesehatan.

Bawang putih itu bisa menurunkan risiko kanker, ini berdasarkan penelitian kanker esofagus ataupun kerongkongan, kanker lambung, kanker usus kecil, kanker usus besar, kanker pankreas, kanker payudara dan juga kanker prostat.

Ini bisa menurunkan resiko orang terkena kanker, kemudian bawang putih juga mengandung sulfur aktif sehingga dapat mencegah timbulnya sel-sel kanker dalam tubuh.

 

2. Menurunkan kolesterol

Nah kalau ini mungkin sudah banyak yang tahu kalau mengkonsumsi bawang putih mentah bisa menurunkan kolesterol. 

Mengkonsumsi bawang putih mentah 1-2 siung kecil perharinya bisa menurunkan kolesterol ketika ini dilakukan dua bulan.

Jadi bukannya mengkonsumsi bawang putih hari ini, besok pagi kolesterol turun atau pun langsung turun, itu enggak mungkin.

Harus butuh proses, kemudian manfaat ini berdasarkan kandungan allicin di dalam bawang putih, tetapi kandungan ini akan keluar ataupun optimal ketika bawang putih itu dipotong ataupun ditumbuk atau digeprek.

Kemudian digunakan jika bawang putih dikunyah maka manfaatnya akan keluar ketika dikunyah, jadi yang memiliki kolestrol bisa mencobanya.

 

3. Atasi jerawat

Dalam mengatasi jerawat bisa juga mencoba bawang putih dan ini tidak ada salahnya karena bawang putih ini sifatnya antibakteri, antijamur, antivirus.

Kemudian antiseptik jadi ya bisa mengatasi bakteri penyebab timbulnya jerawat kemudian juga bisa meredakan peradangan di kulit.

Jadi memang cocok yang memiliki jerawat untuk mencoba bawang putih, karena kandungan nutrisi di bawang putih itu tidak kalah penting.

Bawang putih mengandung vitamin C, vitamin B6 selenium tembaga-seng hingga bisa meredakan minyak berlebih ataupun kelebihan minyak, jadi ada manfaatnya untuk pengobatan jerawat.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network