Sulawesi Utara Waspada! Berikut Ini Status Gunung Berapi di Indonesia

Faieq Hidayat
Gunung Karangetang, merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang berada di Sulawesi Utara. (Foto: Dok/Wikipedia)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia masih memiliki banyak gunung berapi aktif. Berdasarkan data dari MAGMA, hingga saat ini gunung berapi aktif berjumlah 127. 

Hari ini, sebanyak 4 gunung berapi di Indonesia berstatus siaga atau level III. Sedangkan 18 gunung berapi level II atau waspada, di antaranya Karangetang dan Soputan yang berada di Sulawesi Utara

Laporan MAGMA Indonesia ESDM, Minggu (9/1/2022), tidak ada gunung berapi yang berstatus awas. "Tidak ada gunung berapi Level IV (Awas)," tulis magma esdm.  

Level IV (Awas) artinya hasil pengamatan visual dan instrumental teramati mengalami peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunung berapi mengalami erupsi. 

Level III (Siaga), ada terdapat peningkatan seismik yang didukung dengan pemantauan vulkanik lainnya, serta terlihat jelas adanya perubahan baik secara visual maupun perubahan aktivitas kawah. 

Level II (Waspada), ditunjukan dengan adanya peningkatan aktivitas seismik dan mulai muncul kejadian vulkanik. Pada status ini juga mulai terlihat perubahan visual di sekitar kawah. 

Berikut ini status gunung berapi di Indonesia.

Editor : Norman Octavianus

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network