Sosok Oma Jima, Calhaj Berusia 100 Tahun Asal Manado

Subhan Sabu
Oma Jima (100) Calon Jamah Haji tertua di Kota Manado (Foto iNewsManado/Subhan)

Sayangnya karena terbentur aturan waktu itu membuat Oma Jima tidak bisa menjalankan ibadah haji ke tanah suci. Namun karena tidak ingin membuat orangtuanya kecewa, Rostina pun berusaha agar Ibunya bisa berangkat ke Baitullah.

"Sempat putus harapan, makanya berusaha lagi bagaimana cara agar beban sebagai anak itu supaya tidak ada penyesalan di belakang dengan memberangkatkan Umroh pada November tahun lalu," tutur Rostina dengan mata berkaca-kaca.

Rostina pun mengaku bersyukur akhirnya niat ibunya menunaikan rukun Islam yang ke lima itu bisa kesampaian di tahun ini. Rostina terdaftar bersama Ibunya sebagai Calhaj asal Manado yang akan berangkat ke tanah suci pada 15 Juni 2023 nanti.

Meski sudah berusia renta, kesehariannya Oma Jima masih melakukan pekerjaan sendiri, aktifitas kesehariannya paling banyak dihabiskan di kebun kecil depan rumahnya. Di situ dia menanam sayur-sayuran.

Menurut Rostina, rahasia sampai Oma Jima bisa berusia panjang karena sejak kecil hanya makan dari bahan-bahan alami.

"Rahasianya mama makan bahan-bahan yang alami tidak berrminyak, sayurnya itu yang bening-bening. dari dulu sayur favoritnya itu daun kelor, sayur bening,' tuturnya.

Oma Jima sendiri tinggal menunggu keberangkatan. Hasil tes kesehatan menunjukkan kondisinya sehat dan tinggal menanti waktunya berangkat ke tanah suci.

 

Editor : Subhan Sabu

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network