Tiga Kecamatan di Kota Palangkaraya Masih Tergenang Banjir

Subhan Sabu
Banjir masih menggenangi tiga kecamatan di Palangkareaya, Kalimantan Tengah (Foto : Ist)

Sementara itu, prakiraan cuaca dua hari ini (5 – 6 April 2023) Kota Palangkaraya masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan pada besok (7/4/2023), cuaca berpeluang hujan ringan hingga sedang. 

Dilihat pada kajian inaRISK, Kota Palangkaraya memiliki 5 kecamatan dengan potensi bahaya dengan kategori sedang hingga tinggi. Kelima kecamatan itu teridentifikasi di wilayah Pahandut, Sabangau, Jekan Raya, Bukit Batu dan Rakumpit.

Sedangkan sepanjang tahun 2022 lalu, BNPB mencatat 4 kejadian banjir melanda Kota Palangkaraya, di antaranya di Pahandut dan Jekan Raya, dengan korban meninggal 2 jiwa. 

Menyikapi kondisi tersebut, BNPB mengimbau BPBD dan warga untuk tetap waspada dan siaga menghadapi potensi kenaikan tinggi muka air di wilayah terdampak. Biasakan melihat prakiraan cuaca dan mengikuti perkembangan potensi hujan agar potensi banjir dapat diperkirakan. 

"Warga dapat melakukan upaya-upaya kesiapsiagaan, misalnya memastikan ketersediaan logistik makanan dan obat-obatan, jika sewaktu-waktu diperlukan dalam kondisi darurat. Apabila anggota keluarga membutuhkan evakuasi, pastikan langkah tersebut dilakukan dengan aman atau menghubungi BPBD setempat," tuturnya.

Editor : Subhan Sabu

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network