Waspada! 6 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Intan Rakhmayanti Dewi
Banyak minum air putih dapat mencegah gagal ginjal. (Foto ilustrasi: Freepik)

Konsumsi makanan tinggi garam dan memiliki banyak natrium dapat meningkatkan tekanan darah yang pada waktunya mempengaruhi fungsi ginjal.

Salah satu studi di Rumah Sakit San Giovanni Bosco, Italia, menemukan bahwa terlalu banyak garam memiliki efek langsung pada ginjal yang menyebabkan hipertrofi dan fibrosis. Terlalu banyak asupan garam juga dapat menyebabkan batu ginjal.

2. Mengonsumsi banyak protein

Protein hewani  menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat menyebabkan asidosis. Ini adalah suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan cukup asam yang menyebabkan efek merugikan pada organ. Asupan makan harus seimbang dengan protein, buah-buahan, dan sayuran.

3. Terlalu banyak konsumsi makanan olahan

Makanan olahan yang manis yang renyah sebenarnya bisa sangat berbahaya bagi ginjal. Makanan olahan adalah sumber natrium dan fosfor dan dapat menyebabkan penyakit ginjal. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi junk food dan makanan olahan dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada ginjal dan memicu diabetes.

4. Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa nyeri memang meringankan rasa sakit dan nyeri, tetapi juga dapat menyebabkan kanker ginjal. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, penggunaan jangka panjang obat penghilang rasa sakit meningkatkan risiko kanker ginjal sebesar 50 persen.

Editor : Norman Octavianus

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network