Ini Alasan Makanan Minahasa Terkenal Pedas yang Harus Anda Ketahui

Norman Octavianus
Alasan makanan Minahasa terkenal pedas. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.comArtikel kali ini akan mengulas alasan makanan minahasa terkenal pedas. Sudah diketahui bersama, makanan di Manado terkenal pedas.

Ini merupakan sebuah kebiasaan turun temurun dan terus terjaga di Manado secara khusus dan Sulawesi Utara pada umumnya. Kekhasan makanan Minahasa bahkan sampai ke luar Sulawesi Utara dengan berdirinya rumah-rumah makan diberbagai provinsi di Indonesia dengan nama Rumah Makan Minahasa atau RM Minahasa.

Tentunya, disejumlah daerah yang terdapat RM Minahasa, warga sekitar pasti sudah bisa menebak dengan citarasa pedas dari RM Minahasa.

Sebelum mengulas alasan makanan Minahasa terkenal pedas, lebih dulu membahas sejarah Minahasa. Minahasa merupakan nama salah suku di Sulawesi Utara. Suku Minahasa paling dominan berada di Sulawesi Utara.

Dilansir berbagai sumber, Suku Minahasa merupakan gabungan dari kelompok-kelompok sub-etnis yaitu Bantik, Pasan/Ratahan, Ponosakan, Tombulu, Tondano (Toulour), Tonsawang (Tombatu), Tonsea, dan Tontemboan.

Sebutan Minahasa berarti "menjadi satu" dan berasal dari kata pokok asa yang merupakan kata kerja yang berarti "satu".

Lalu kenapa makanan Minahasa terkenal pedas?

Hal ini dimulai dari zaman sebelum kemerdekaan Indonesia. Masa penjajahan Portugis dan Spanyol merupakan salah satu alasan makanan Minahasa terkenal pedas. Mengapa? Portugis yang lebih dulu tiba di Indonesia, membawa tanaman Cabai atau rica di Maluku. Selanjutnya, Spanyol membawa masuk tanaman cabai ke Sulawesi Utara setelah sebelumnya menguasai Filipina.

Adanya tanaman cabai membuat masyarakat menjadikan cabai sebagai bumbu dapur. Setiap masakan yang akan diolah ditambahi cabai sebagai bumbu utama. Tradisi tersebut turun temurun hingga kini.

Begitu mudahnya cabai tumbuh di Sulawesi Utara, membuat tanaman itu pun menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat Minahasa dan Sulawesi Utara pada umumnya. Jadi tidak heran, warga Sulawesi Utara terkenal dengan makanan yang pedas karena merupakan tradisi turun-temurun dengan bumbu dapur yang menggunakan cabai. Di Sulawesi Utara pada umumnya, makanan pedas merupakan makanan pokok masyarakat.

Budaya tersebut pun terus dibawa masyarakat yang berusaha RM Minahasa di luar Sulawesi Utara. Sebab, masyarakat Sulawesi Utara yang merantau pasti akan mencari keberadaan RM Minahasa karena kebiasaan mengonsumsi makanan pedas yang belum tentu bisa dinikmati di luar Sulawesi Utara.

Itulah alasan makanan Minahasa terkenal pedas yang harus anda ketahui. Makanan pedas merupakan ciri khas makanan di Sulawesi Utara karena merupakan tradisi turun temurun penggunaan cabai dimasa penjajahan. Semoga bermanfaat!

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network